Minggu, Oktober 17, 2021

Waspada Covid-19, Dandim 0613 Ciamis: Warga Jangan Lengah Prokes

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani mengingatkan warga agar jangan lengah protokol kesehatan atau Prokes. Mengingat saat ini kasus penyebaran Covid-19 kembali peningkatan bahkan ditemukan adanya virus Corona varian baru.

Menurut Dandim, virus Corona varian delta ini lebih cepat menular dan menyebabkan kematian lebih cepat. Sehingga perlu adanya penanganan ekstra agar Covid-19 varian delta ini tidak sampai ke Ciamis.

Baca juga:

“Varian Covid-19 baru ini sangat cepat menyebar dibanding varian sebelumnya. Kalau diumpamakan dengan sekolah, varian baru ini mungkin lulusan sekolah tinggi. Jadi dalam penanganannya pun perlu lebih maksimal lagi. Yang penting warga jangan lengah Prokes,” ujar Dandim, Rabu (21/6/2021).

Dadan mengatakan TNI bersama Satgas Covid-19 dan unsur lainnya senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan 5M. Terutama memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas.

“Dalam mengatasi Covid-19 ini perlu adanya penguatan dari hulu sampai hilir. Sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga tingkat desa perlu dilakukan sehingga bisa bersama-sama menangani Pandemi ini,” ungkapnya.

Perlu adanya penguatan posko PPKM mikro di setiap desa. Sehingga pemantauan bisa lebih diperkecil lagi dan dapat dilakukan pencegahan secepat mungkin. yang paling penting saat ini warga jangan lengah menerapkan Prokes.

Sekadar diketahui, saat ini kasus Covid-19 kembali naik di sejumlah daerah. Namun Kabupaten Ciamis tak akan memilih lockdown tapi memperkuat PPKM Mikro di setiap desa. Tak hanya itu, Pemkab Ciamis pun menutup tempat wisata seperti Situ Lengkong Panjalu untuk mencegah penyebaran Corona.

Dalam mengatasi ketersediaan ruang perawatan pasien Covid-19, Pemkab Ciamis pun mengoperasikan RSUD Kawali. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU