Waspada Corona, Desa Imbanagara Raya Ciamis Giatkan Lagi Woro-woro

0
203
Waspada Corona, Desa Imbanagara Raya Ciamis Giatkan Woro-woro
Waspada Corona, Desa Imbanagara Raya Ciamis Giatkan Woro-woro berkeliling kampung sampaikan protokol kesehatan. Foto: Istimewa

Ciamis (Djavatoday.com),- Angka kasus virus corona di Ciamis terus melonjak. Guna mencegah penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa Imbanagara Raya Ciamis kembali menggiatkan woro-woro. Yakni berkeliling kampung menggunakan mobil dilengkapi pengeras suara.

Tujuannya untuk menyampaikan sosialisasi, edukasi dan imbauan kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan ini sebelumnya sering dilakukan saat awal pandemi sekitar bulan Maret 2020 lalu.

“Mengingat COVID-19 sekarang terus meningkat. Berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan, maka kegiatanWoro-woro menggunakan pengeras suara, keliling kampung ini kembali dilaksanakan,” ujar Kepala Desa Imbanagara Raya Ciamis Tarwan Ruhiawan, Kamis (24/9/2020).

Saat berkeliling kampung, mobil woro-woro ini mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan memakai masker.

“Untuk sekarang karena kasus Covid-19 meningkat lagi mohon pengertiannya untuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan sementara tidak dilaksanakan dulu. Piknik atau jalan-jalan lainnya mohon ditunda juga,” ungkap Tarwan.

Tarwan menyebut tak hanya Desa Imbanagara Raya saja yang melakukan woro-woro ini. Namun juga serentak di beberapa desa. Seperti untuk wilayah kerja Puskesmas Imbanagara, seperti Desa Pawindan, Desa Imbanagara, Desa Panyingkiran dan desa lainnya.

Tarwan juga meminta kepada kepala dusun serta RT/RW di Desa Imbanagara Raya untuk memantau kembali warga pendatang yang baru pulang merantau. Terutama datangnya dari zona merah antara lain Jakarta, Bogor, Bekasi. Karena sebelumnya ditemukan 1 kasus positif Corona, pasien berasal dari pendatang yang pulang dari perantauan.

“Kami juga sudah mengingatkan kepada yang baru datang dari luar daerah harus isolasi, di rumah sampai 14 hari. Kepada Ketua RT  di Desa Imbanagara Raya Ciamis ini lebih ditingkatkan dalam melakukan pemantauan warganya yang datang pulang merantau,” ucapnya. (CN/Djavatoday)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini