Jumat, Mei 31, 2024

Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Mudah Tertipu

Hallo good people. Siapa nih yang suka belanja online? Dengan perkembangan teknologi, hampir setiap orang pernah belanja online. Apalagi dalam masa pandemi segala serba online. Namun banyak orang yang tertipu karena salah memilih penjual. Nah ada beberapa tips aman belanja online yang bisa kalian tiru ya.

Jangan Tergiur Harga Murah

Sudah tidak asing lagi ya dengan barang-barang yang harganya murah namun ternyata palsu. Sebelum membeli barang pastikan dulu harga yang tertera memang sesuai dengan kualifikasi barang.

Banyak penjual yang menjual barang seperti gadget, laptop dan elektronik lainnya dengan harga murah. Bahkan hampir seluruh merek dengan jenis yang berbeda memiliki harga sama. Jangan dulu tergoda dengan harga murah. Biasanya ketika kita sudah transfer uang dan barang belum sampai, penjual akan beralasan barang tertahan di bea cukai.

Tips aman belanja online yang satu ini cukup simpel. Kita tidak boleh tergiur dengan harga murah. Karena harga sama dengan kualitas. Jarang ada produk dengan kualitas bagus tapi harga murah.

Ulasan Kepuasan Dan Rating Produk

Ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Kita terlebih dahulu harus melihat rating produk dan ulasannya. Karena itu terbukti bahwa marketplace tersebut memang benar melakukan penjualan. Biasanya disebut dengan testimoni.

Ulasan produk menjadi tips aman belanja online. Karena kita juga dapat mengetahui kualitas barang yang dijual. Semakin banyak yang memberikan ulasan dengan konten positif. Maka kepercayaan kita terhadap marketplace tersebut akan meningkat.

Minta Foto Asli Barang

Meminta foto asli produk bukan berarti kita ingin menyulitkan penjual. Tapi dengan adanya foto asli produk kita bisa percaya bahwa barang tersebut benar-benar ada. Banyak penjual yang memakai foto produk dari mengambil konten orang lain. Sehingga keasliannya tidak dapat dipercaya.

Tips Aman Belanja Online ini Wajib Kamu Lakukan

Simpan Bukti Transaksi

Tips aman belanja online selanjutnya adalah kita harus menyimpan bukti transaksi. Apabila ada kesalahan dalam penjual mengenai transaksi yang di proses kita bisa menunjukkan kembali buktinya. Bukti ini menjadi hal yang penting dalam melakukan transaksi.

Menggunakan Rekening Bersama atau pihak ketiga

Agar proses jual-beli kita benar sebaiknya menggunakan rekening bersama. Sehingga ketika akan trasfer uang, itu akan sampai pada pihak ketiga bukan langsung pada penjual. Contohnya kita bisa memakai beberapa aplikasi marketplace yang sudah tersedia.

Ini sangat menguntungkan bagi kita. Karena ketika produk sampai tidak sesuai. Kita dapat  melakukan return barang dan uang dapat kembali.

Hindari Belanja Online dari Luar Negri

Barang-barang dari luar negri biasanya sangat menggiurkan. Namun alangkah baiknya jika kita mencintai produk dalam negri terlebih dahulu.

Mengapa belanja dari luar negri di hindari? Karena salah satu tips aman belanja online itu yakni menghindari produk luar. Kita tidak mengetahui apakah benar marketplace tersebut menjual produk yang disebutkan atau tidak. Sehingga kita akan tidak mudah untuk ditipu.

Sudah banyak kasus yang tertipu oleh marketplace. Bukan semata-mata karena penjualnya. Tapi kita sebagai pembeli pun harus pandai-pandai dalam memilih marketplace.  Maka dari itu pilihlah market place yang terpercaya dan mempunyai kredibilitas yang tinggi.

Nah itu dia beberapa tips aman belanja online untuk kalian. Jangan asal membeli barang ya dan ingat belilah sesuatu yang bermanfaat. Semoga bermanfaat. (Pas/Djavatoday)

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa skema, tentunya dengan peluang lolos yang berbeda. Kamu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi...

Rekomendasi Channel YouTube Edukasi, Bikin Kamu Lebih Pintar!

Rekomendasi channel YouTube edukasi bisa menjadi tips mudah untuk meningkatkan kepintaran kita, Sobat Djava. Mempelajari sesuatu memang tidak harus selalu saat di bangku sekolah...

5 Rekomendasi Printer Murah di Bawah Satu Jutaan, Cocok untuk Pelajar

Rekomendasi printer murah memang banyak dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Pasalnya mereka memang membutuhkan printer dalam kegiatan belajarnya, terutama untuk mahasiswa semester akhir....

Deretan HP di Bawah 2 Jutaan, Harga April 2024

Halo good people. Saat ini pembelian alat elektronik terutama gadget sedang meningkat nih. Hal ini karena sudah banyak yang mendapatkan THR atau Tunjangan Hari...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya