Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cuaca Ekstrim, Dandim 0613 Ciamis Ingatkan Warga Waspada Bencana

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cuaca di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, cukup ekstrim, dimana intensitas hujan cukup tinggi. Untuk itu, Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani mengingatkan warga untuk selalu waspada, karena bencana bisa kapan saja terjadi.

“Jadi sekarang musim hujan dan tidak bisa diprediksi. Untuk semua masyarakat dan Babinsa yang ada di lapangan agar betul-betul mencermati kondisi lingkungan setempat,” ujar Dadan di Makodim Ciamis, Rabu (7/4/2021).

Dadan menerangkan bencana yang saat ini kerap terjadi di Ciamis adalah pohon tumbang, angin kencang dan longsor. Terutama daerah yang berada di wilayah dataran tinggi dan perbukitan.

“Kepada anggota di lapangan agar selalu mengingatkan warga, disosialisasikan sehingga bisa melakukan pencegahan, minimalnya bisa mengantisipasi adanya korban jiwa apabila terjadi bencana,” ungkap Dadan.

Para Babinsa pun bisa mengingatkan kepada masyarakat yang disekitar rumahnya terdapat pohon besar dan rawan tumbang. Jadi tidak hanya waspada bencana tapi juga warga harus berupaya secara bersama-sama.

“Sebaiknya pohon besar yang rawan tumbang ditebang. Apalagi sekarang kita akan memasuki bulan Ramadhan. Dengan waspada sedini mungkin, dampak dari bencana bisa diminimalisir,” katanya.

Dadan pun menyampaikan, kaitan dengan bulan suci Ramadhan pihaknya pun siap melaksanakan kebijakan dari pemerintah pusat. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda Ciamis dan Pangandaran.

“Tentunya kita juga akan melaksanakan patroli bersama kepolisian dan desa untuk menjaga keamanan dan ketertiban daerah selama bulan Ramadhan. Termasuk pengamanan di pusat ngabuburit,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Terpopuler

Lainnya