Senin, Juni 17, 2024

Warga Kawali Ciamis Temukan Dua Batu Unik, Konon Peninggalan Sejarah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menemukan dua batu unik di Sungai Cimuntur. Diduga baru tersebut merupakan benda bersejarah peninggalan Kerajaan Galuh.

Batu tersebut menyerupai dengan batu peninggalan Kerajaan Galuh yang ada di Situs Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing Ciamis.

Pada bagian pinggir batu itu terlihat garis-garis yang diduga dibuat oleh manusia. Bentuknya nampak simetris. Pada bagian atas salah satu batu terdapat bentuk segitiga dan telapak tangan.

Dua batu itu kini belum dievakuasi ke darat dan masih berada di pinggir sungai. Warga berharap batu itu dapat diselamatkan supaya tidak terbawa hanyut kembali ke sungai.

Atus Gusmara, Pegiat Budaya Kawali, menurunkan dua batu itu ditemukan di dasar sungai pada saat sedang surut. Ketika itu ia bersama warga lainnya sedang menggelar kegiatan di Sungai Cimuntur.

“Kami melihat ada dua baru yang beda dari yang lain. Kemudian saya bersama empat warga lainnya mengangkat batu itu. Sepintas terlihat seperti batu Pangcalikan yang ada di Situs Karangkamulyan,” ujar Atus, Sabtu (25/11/2023).

Batu itu berhasil diangkat dari dasar ke pinggir Sungai Cimuntur. Namun karena kondisinya berat dan lokasi daratan cukup tinggi, dua batu itu pun belum dapat diselamatkan ke tempat aman.

Nampak dua batu itu unik dan beda dengan batu yang berserakan di Sungai. Atus pun semakin yakin bahwa batu adalah peninggalan sejarah. Terlebih lagi, tak jauh dari penemuan baru terdapat Situs Dalem Dungkut Ranggayunan. Ia merupakan seorang Dalem utusan Kesultanan Cirebon untuk memerintah Galuh.

“Bentuknya simetris, keunikannya di atasnya ada bentuk segitiga tritangtu dibuana. Juga ada sebuah tapak tangan yang terlihat sudah terkikis air sebagian. Jadi kami menduga ini batu peninggalan sejarah. Untuk lebih jauhnya memang perlu ada penelitian dari ahli,” ungkapnya.

Atus pun berharap pihak pemerintah turut peduli dan membantu dengan mengamankan terlebih dulu batu tersebut. Sehingga dapat dilakukan penelitian. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya