Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Warga Karangampel Ikuti Tradisi Mupunjung di Situs Kiai Malangkarsa Jelang Ramadan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Desa Karangampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Mupunjung di Situs Kiai Malangkarsa, Senin (4/3/2024). Tradisi ini dig lwrna tiap Senin terakhir menjelang Bulan Ramadan.

Kiai Malangkarsa merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam pertama di Desa Karangampel. Hadir juga dalam kegiatan tersebut unsur Pemdes Karangampel, tokoh ulama dan keturunan Kiai Malangkarsa. Mereka antusias mengikuti tradisi tersebut.

Tradisi Mupunjung digelar warga Desa Karangampel sejak dulu secara turun temurun sebagai rasa suykur kepada Sang Pencipta atas rezeki yang telah dilimpahkan.

Kegiatan digelar selama satu hari yang diawali dengan melakukan doa bersama di lokasi makam keramat Kiyai Malangkarsa. Kemudian dilanjutkan dengan makan nasi tumpeng bersama.

Tradisi Mupunjung ini merupakan salah satu bentuk kegiatan masyarakat Desa Karangampel dalam melestarikan warisan leluhur.

“Upacara adat ini sudah sejak dulu, sejak zaman nenek moyang. Tentunya sebagai penerus wajib melestarikan tradisi ini jangan sampai hilang dan terlupakan,” ujar Kades Karangampel Asep Yudi Ruhyana.

Menurut Asep, Tradisi ini mengadung filosofi dan makna yang dapat diambil. Selain menjaga dan melestarikan tradisi leluhur, juga dalam menyambut bulan suci Ramadan. Sebagai sarana silaturahmi antar warga serta saling memaafkan sebelum melaksanakan ibadah puasa.

“Banyak hikmah yang dapat diambil dari¬†mupunjung¬†ini. Masyarakat berkumpul sambil silaturahmi kemudian berdoa bersama. Setelah itu makan bersama saling berbagi, di situlah letak kebersamaan yang terus kita jaga sampai sekarang,” ucap Asep. (Andra/CN/Djavatoday)

Calon Pengantin Wanita Asal Ciamis Jadi Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nia Kania (31) warga Desa Karangpari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, merupakan satu dari 12 korban meninggal dunia kecelakaan maut Km 58...

Hadiri Halalbihalal PWRI, Herdiat Pamit dari Jabatan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan permohonan maaf sekaligus pamit dari jabatan sebagai orang nomor satu di Ciamis. "5 tahun ini terasa singkat,...

9 Warga Ciamis Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek, Disdukcapil Terbitkan Akta Kematian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis menerbitkan akta kematian para korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Japek (Jakarta-Cikampek). Dari 9 korban yang dibawa...

Isak Tangis Keluarga saat Pemakaman Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sembilan Jenazah korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) tiba di Ciamis, Senin (15/4/2024) malam pukul 22.30 WIB....

Terpopuler

Lainnya