Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Wabup Ciamis Melepas Gerakan Pemuda Mengajar Desa ke 5 Kecamatan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra melepas puluhan pelajar dan mahasiswa untuk melaksanakan program Gerakan Pemuda Mengajar Desa, Jumat (20/11/2020) di Joglo Pendopo Bupati Ciamis. Para pemuda ini akan mengajar selama seminggu  di 5 Desa yang tersebar di 5 Kecamatan.

Yana  mengatakan Gerakan Pemuda Mengajar Desa ini menjadi kegiatan yang bermanfaat dan dapat ikut meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Ciamis. Sehingga dengan SDM yang meningkat bisa menjadikan Ciamis lebih maju.

“Gerakan ini menjadi bagian dari visi misi Kabupaten Ciamis. Yakni untuk meningkatkan SDM Kabupaten Ciamis,” kata Yana.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Para pemuda Kabupaten Ciamis ini akan memberikan ilmu kepada anak-anak di desa. Tapi dalam pelaksanaannya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Saya berharap, Gerakan Pemuda Desa ini tak hanya di 5 desa saja, tapi di 265 Desa di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Ketua Gerakan Pemuda Mengajar Desa Ciamis, Dandi memaparkan gerakan ini melibatkan para pelajar dan mahasiswa asal Kabupaten Ciamis.

“Pada hari pertama ini kami melaksanakan gerakan ini di Desa Sukaharja, Kecamatan Rajadesa. Selanjutkan ke desa-desa lainnya, yakni Nagarajaya Kecamatan Panawangan, Bantardawa di Purwadadi, Desa Wangunjaya di Cisaga dan Sukamantri,” kata Dandi.

Kegiatan ini adalah gerakan inisiasi dari Jabar untuk mengatasi permasalahan pendidikan. Termasuk untuk wilayah Kabupaten Ciamis.

“Untuk metodenya sendiri itu, kita akan membaginya dalam 7 tim. Semua akan kerja sama dengan kelompok kerja guru.

Dandi menyatakan pada masa pandemi Covid-19 saat ini, perlu ekstra hati-hati dalam memberikan pelajaran. Targetnya,bagi kelas atas berada di nomor 4 dan 5.

“Kegiatan belajar mengajar (KBM) di Gerakan Pemuda Mengajar Desa ini secara tatap muka, tapi tetap menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni emakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya