Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tak Biasa, Kemenag Ciamis Peringati Hari Amal Bhakti di Makam Bupati Galuh Situs Jambansari

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kemenag Ciamis menggelar peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 di tempat yang bersejarah. Yakni di Makam Bupati Galuh RAA Kusumadiningrat, Situs Jambansari Ciamis, Rabu (3/1/2024).

Hal ini tentunya tak seperti biasanya. Upacara hari lahirnya Kementerian Agama biasanya dilaksanakan di Kantor Kemenag Ciamis atau Alun-alun. Tentunya peringatan yang tak biasa ini cukup menarik perhatian. Terlebih setelah upacara, para guru madrasah Kemenag Ciamis melakukan ziarah ke makam RAA Kusumadiningrat.

Dipilihnya Situs Jambansari tersebut bukan tanpa alasan. Di situs tersebut terdapat makam Bupati Galuh RAA Kusumadiningrat yang berjasa untuk Kabupaten Galuh yang kinj menjadi Kabupaten Ciamis.

Jasa RAA Kusumadiningrat dalam membangun, melayani dan mensejahterakan rakyatnya begitu besar. Mulai dari pembangunan sarana prasarana pemerintahan hingga sarana transportasi, juga dikenal sebagai tokoh penyebar Islam.

Hal itu dapat menjadi motivasi dan contoh bagi generasi penerus, khususnya para pegawai Kemenag untuk dapat melayani masyarakat.

Hadir juga Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wabup Ciamis Yana D Putra dan unsur Forkopimda Ciamis.

Kepala Kemenag Ciamis Usep Saepudin Muhtar menjelaskan sengaja menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti tahun ini di tempat bersejarah. Selain itu juga ada instruksi dari pusat untuk melaksanakannya di lokasi daerah masing-masing yang bersejarah.

“Tentunya ada berbagai pertimbangan, lokasinya berada di perkotaan. Di tempat bersejarah ini juga tentunya kita dapat meneladani jasa pahlawan masa lalu. Terutama bagi kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kepada umat,” ucapnya.

Banyak nilai-nilai yang dapat diambil dari peringatan Hari Amal Bhakti di tempat bersejarah tersebut. Seperti mengenang jasa pahlawan terdahulu, sehingga Tatar Galuh Ciamis bisa seperti sekarang ini.

“Tentunya kami bangga dan bahagia, ini merupakan hari yang bersejarah bagi Kementerian Agama,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya