Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tahun Baru Imlek di Ciamis, Patung Dewa di Hok Tek Bio Dibersihkan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sambut tahun baru Imlek 2572 tahun 2021, sejumlah patung dewa di Kelenteng Hok Tek Bio, Jalan Ampera Ciamis, Jawa Barat, dibersihkan, Minggu (7/2/2021).

Perayaan Imlek kali ini digelar secara sederhana karena masih pandemi Covid-19. Pengurus kelenteng kini tidak menggelar sembahyang secara gebyar tapi dilakukan secara masing-masing. Para jemaat dari luar daerah seperti dari Banjar, Pangandaran dan Tasikmalaya kemungkinan tidak ada yang datang.

Ketua Kelenteng Hok Tek Bio Hidayat Kuswaya menuturkan kegiatan bersih-bersih patung dewa ini digelar setiap menyambut tahun baru Imlek. Namun untuk kali ini hanya diikuti oleh para jemaat di sekitar Ciamis saja.  

“Kalau sekarang hanya warga sekitar kelenteng saja. Kalau biasanya diikuti oleh beberapa daerah di Priangan Timur,” ungkapnya.

Sejumlah patung dewa yang dibersihkan seperti Hok Tek Ceng Sin yang merupakan penghuni pertama kelenteng. Patung lainnya seperti Hian Thian Siang Tee, Dewi Kwan Im dan Fu Sen serta belasan lainnya.

“Jadi dalam menyambut tahun baru Imlek ini semua harus baru dan bersih. Termasuk para patung penghuni Kelenteng Hok Tek Bio,” katanya.

Hidayat mengatakan mencuci patung dewa ini tujuannya untuk merawat agar tetap awet dan bersih. Selain itu juga, altar tempat dewa disimpan dan seluruh bagian kelenteng ikut dibersihkan. Serta ada pemasangan lampion dan lilin.

“Pada tahun baru ini tidak ada keramaian. Doa bersama pun tidak dilakukan bersama-sama tapi masing-masing saja. Tidak seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Eva, jemaat Kelenteng Hok Tek berharap pada tahun baru ini semuanya diberikan kesehatan dan terhindar dari Covid-19. Ia berdoa kepada Hian Thian Siang Tee sebagai simbol kesehatan. Pihaknya berharap pademi ini bisa segera berakhir.

“Semoga di tahun baru imlek ini kondisi bisa kembali normal. pandemi Covid-19 bisa segera berakhir,” katanya. (CN/Djavatoday)

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang...

11 Desa di Ciamis Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata menetapkan 11 desa di Ciamis sebagai Desa Wisata. Penyerahan SK Bupati Ciamis penetapan Desa Wisata dilaksanakan...

Bank Sampah Kartini Dapat Bantuan dari BRI Ciamis, Ada Mobil Pikap untuk Angkut Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Kartini di Desa Imbanagara Raya, Kabupaten Ciamis, mendapat bantuan dari BRI Ciamis. Bantuan itu berupa 1 mobil Pikap pengangkut...
spot_img

Terpopuler

Lainnya