Sabtu, Juli 20, 2024

Tahun Baru Imlek di Ciamis, Patung Dewa di Hok Tek Bio Dibersihkan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sambut tahun baru Imlek 2572 tahun 2021, sejumlah patung dewa di Kelenteng Hok Tek Bio, Jalan Ampera Ciamis, Jawa Barat, dibersihkan, Minggu (7/2/2021).

Perayaan Imlek kali ini digelar secara sederhana karena masih pandemi Covid-19. Pengurus kelenteng kini tidak menggelar sembahyang secara gebyar tapi dilakukan secara masing-masing. Para jemaat dari luar daerah seperti dari Banjar, Pangandaran dan Tasikmalaya kemungkinan tidak ada yang datang.

Ketua Kelenteng Hok Tek Bio Hidayat Kuswaya menuturkan kegiatan bersih-bersih patung dewa ini digelar setiap menyambut tahun baru Imlek. Namun untuk kali ini hanya diikuti oleh para jemaat di sekitar Ciamis saja.  

“Kalau sekarang hanya warga sekitar kelenteng saja. Kalau biasanya diikuti oleh beberapa daerah di Priangan Timur,” ungkapnya.

Sejumlah patung dewa yang dibersihkan seperti Hok Tek Ceng Sin yang merupakan penghuni pertama kelenteng. Patung lainnya seperti Hian Thian Siang Tee, Dewi Kwan Im dan Fu Sen serta belasan lainnya.

“Jadi dalam menyambut tahun baru Imlek ini semua harus baru dan bersih. Termasuk para patung penghuni Kelenteng Hok Tek Bio,” katanya.

Hidayat mengatakan mencuci patung dewa ini tujuannya untuk merawat agar tetap awet dan bersih. Selain itu juga, altar tempat dewa disimpan dan seluruh bagian kelenteng ikut dibersihkan. Serta ada pemasangan lampion dan lilin.

“Pada tahun baru ini tidak ada keramaian. Doa bersama pun tidak dilakukan bersama-sama tapi masing-masing saja. Tidak seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Eva, jemaat Kelenteng Hok Tek berharap pada tahun baru ini semuanya diberikan kesehatan dan terhindar dari Covid-19. Ia berdoa kepada Hian Thian Siang Tee sebagai simbol kesehatan. Pihaknya berharap pademi ini bisa segera berakhir.

“Semoga di tahun baru imlek ini kondisi bisa kembali normal. pandemi Covid-19 bisa segera berakhir,” katanya. (CN/Djavatoday)

DPRD dan Pj Bupati Ciamis Setujui 2 Raperda Jadi Peraturan Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyetujui 2 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda. Penandatangan persetujuan dilaksanakan di...

Peringati HUT Pramuka, Kwarcab Ciamis Gelar Lomba Jelajah Alam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pramuka ke 63, Kwarcab Ciamis mengadakan lomba Jelajah Alam bagi anggota Mabiran. Adapun pelepasan peserta lomba berlangsung...

Kormi Ciamis Lepas 36 Atlet di Pekan Olahraga Tradisional Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kormi Kabupaten Ciamis melepas 36 atlet dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Jawa Barat dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi. Pelepasan para...

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya