Sabtu, Mei 25, 2024

Sungai Meluap, Jembatan Gantung di Ciamis Penghubung Kabupaten Terputus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Gantung di Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, terputus setelah diterjang arus Sungai Cijolang. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (25/3/2023) sore saat hujan mengguyur wilayah tersebut.

Jembatan gantung itu adalah penghubung antara desa di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Kuningan. Aktifitas warga dari kedua wilayah tersebut kemungkinan akan lumpuh total.

Kepala Desa Sukajaya Helmi Purnama membenarkan kejadian itu. Jembatan gantung putus sekitar pukul 15.30 WIB ketika Sungai Cijolang meluap.

“Kejadiannya sore saat hujan deras. Semua bagian jembatan terbawa arus. Hanya ada tiangnya saja pada bagian pinggir,” ujar Helmi Purnama.

Helmi menyebut jembatan gantung yang putus itu merupakan akses penting bagi masyarakat. Selain akses perekonomian, juga sebagai sarana silaturahmi bagi warga dari dua kabupaten.

Jembatan itu hanya satu-satunya akses dan tidak ada jalan lain untuk menyeberang. Yang ada pun harus memutar sekitar 30 kilometer ke Kecamatan Panawangan.

“Akses penting untuk perekonomian warga juga untuk silaturahmi,” ucapnya.

Helmi menyatakan tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kerugian jembatan gantung putus itu mencapai Rp 400 juta.

“Jembatan ini hasil swadaya masyarakat dulu. Kerugian sekitar Rp 400 juta,” tegasnya.

Pemerintah Desa Sukajaya telah melaporkan kejadian tersebut kepada Pemkab Ciamis. Harapannya pemerintah daerah bisa membantu memperbaiki jembatan gantung tersebut.

“Harapannya bisa segera ada perbaikan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya