Sabtu, Juli 20, 2024

Sekda Ciamis Membuka Orientasi Mabigus Pramuka, Ingatkan 3 Fungsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sekda Ciamis Tatang membuka Orientasi Mabigus atau Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka di Aula Kwarcab Pramuka Ciamis, Rabu (7/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Tatang mengingatkan tugas pokok dari Mabigus yakni memberikan bimbingan dan bantuan konsultasi terhadap gugus depan. Sehingga mampu mendukung serta mengupayakan fasilitas anggaran serta sarana dan prasarana untuk kepramukaan.

“Mabigus sudah seharusnya mampu memberikan bimbingan serta konsultasi untuk menyelesaikan persoalan dalam kegiatan kepramukaan, materil hingga finansial,” jelasnya.

Menurut Tatang, Mabigus Pramuka memiliki tiga fungsi pokok. Pertama bimbingan dalam menentukan arah kegiatan di gugus depan terhadap AD/ART dan ketentuan perundang-undangan.

Kedua adalah fungsi partisipasi dengan aktif dalam berbagai kegiatan maupun pengembangan Pramuka. Ketik adalah fungsi bantuan, yakni Mabigus harus dapat mengusahakan fasilitas, finansial, moril dan materil.

“Mabigus Pramuka harus paham terhadap 3 fungsi pokok ini. Agar mampu memajukan gerakan Pramuka pada gugus depan masing-masing,” katanya.

Dalam mendukung gerakan Pramuka, setiap gudep, satuan karya hingga kwartir harus membentuk Majelis Pembimbing. Anggotanya mulai dari unsur pemerintah dan tokoh masyarakat yang mampu memberikan bimbingan dan bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. (Ayu/CN/Djavatoday)

DPRD dan Pj Bupati Ciamis Setujui 2 Raperda Jadi Peraturan Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyetujui 2 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda. Penandatangan persetujuan dilaksanakan di...

Peringati HUT Pramuka, Kwarcab Ciamis Gelar Lomba Jelajah Alam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pramuka ke 63, Kwarcab Ciamis mengadakan lomba Jelajah Alam bagi anggota Mabiran. Adapun pelepasan peserta lomba berlangsung...

Kormi Ciamis Lepas 36 Atlet di Pekan Olahraga Tradisional Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kormi Kabupaten Ciamis melepas 36 atlet dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Jawa Barat dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi. Pelepasan para...

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya