Minggu, Juni 16, 2024

Satgas Covid-19 Ciamis Evaluasi Pelaksanaan PPKM, Konfirmasi Positif Aktif Menurun

Berita Ciamis, (DjavaToday.com) – Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menghasilkan penurunan terhadap kasus konfirmasi aktif Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, selepas melaksanakan evaluasi PPKM dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Ciamis di Sekretariat Satgas Covid-19, Ciamis, Rabu (20/1).

“Alhamdulillah secara umum dengan diberlakukannya PPKM di Ciamis beberapa indikator pengendalian Covid-19 di Ciamis mengalami perbaikan,” katanya.

Ia mengungkapkan, hasil evaluasi PPKM Ciamis menunjukan case fatality turun menjadi 3,74% sebelumnya 4,8%, tingkat kesembuhan sebelum PPKM 51% sekarang menjadi 76,20%.

Selanjutnya, kasus aktif Covid-19 sebelumnya 30% lebih turun menjadi 24,36 % dan keterisian kamar isolasi di rumah sakit sebelumnya 110% kini di angka 70%.

“Semoga dengan membaiknya indikator penanganan Covid-19 bisa menurunkan level kewaspadaan penanganan Covid-19 di Ciamis yang saat ini di level merah,” imbuhnya.

Baca juga: Waaster Kodam III/Siliwangi Tinjau Penerapan PPKM di Ciamis

Wabup Yana mengingatkan, agar tidak boleh cepat tenang dengan kondisi yang didapat. Tetapi Pemerintah dan Satgas Covid-19 harus terus menerus meningkatkan pendisiplinan kepada warga dan terus mengoptimalkan pelayanan.

“Kita jangan terlalu santai dan tenang, pendisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan dan pembatasan di PPKM harus ditingkatkan,” tambahnya.

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Ciamis dilakukan Dua Tahap

Ihwal vaksinasi, Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, dr. Yoyo menerangkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama akan diprioritaskan terhadap tenaga kesehatan dan 10 Orang dari Forkopimda yang di antaranya Bupati Ciamis, wakil Bupati Ciamis.TNI, Polri, Tokoh Agama dan yang lainnya.

“Tenaga kesehatan diprioritaskan karena berhubungan dengan pelayanan kesehatan agar aman dalam memberikan pelayanan kepada pasien,” katanya.

Selanjutnya, untuk tahap kedua setelah kurang lebih dengan rentang waktu 14 hari dari tahap pertama, vaksinasi akan diberikan kepada masyarakat umum yang akan dilaksanakan di setiap puskesmas.

Rapat Evaluasi PPKM tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis. Hadir pula dari Organisasi Perangkat Daerah Ciamis yang terdiri dari Kepala BPBD, Kasatpol PP, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Plt Kepala Dinas Kominfo Ciamis. (AT ARifin/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya