Sabtu, Mei 25, 2024

Revitalisasi Alun-alun Ciamis Kapan Selesai?

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemprov Jabar kini tengah melakukan revitalisasi Alun-alun Ciamis sejak 10 Maret 2023. Anggaran untuk penataan ruang terbuka itu sebesar Rp 11,5 miliar.

Alun-alun Ciamis merupakan salah satu taman yang menjadi andalan warga Tatar Galuh untuk bermain. Namun sejak adanya revitalisasi, masyarakat seakan kehilangan tempat untuk rekreasi .

Masyarakat Tatar Galuh Ciamis pun banyak yang bertanya kapan revitalisasi Alun-alun Ciamis selesai.

Hampir setiap sore hingga malam Alun-alun Ciamis ramai dengan pengunjung, dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Menurut masyarakat, Alun-alun Ciamis menjadi pilihan bagi mereka untuk berwisata murah dan nyaman.

Berbagai aktivitas masyarakat di Alun-alun Ciamis dari mulai nongkrong, kulineran, swafoto hingga banyak permainan untuk anak. Sehingga selama beberapa bulan ini masyarakat Ciamis terutama di wilayah perkotaan kehilangan tempat untuk bermain.

“Alun-alun kapan selesainya, perasaan sudah lama. Sejak sebelum lebaran sampai sekarang belum beres,” ujar Saripah, warga Cikoneng Ciamis, Senin (24/7/2023).

Saripah mengaku Alun-alun Ciamis menjadi andalannya untuk mengajak main anak (ngasuh). Ia berharap Alun-alun Ciamis dapat segera dibuka kembali.

Sementara itu, Kabid Kebersihan, Persampahan dan Pertamanan Uus Uswian mengatakan pengerjaan revitalisasi Alun-alun Ciamis tersebut langsung oleh Provinsi Jawa Barat. Pemkab Ciamis sebagai penerima manfaat.

“Hasil pantauan, pengerjaan pembangunan sudah mulai terlihat. Dari mulai pemasangan paving blok, ruang laktasi dan lainnya,” ungkap Uus saat di lokasi Alun-alun Ciamis.

Uus menyebut sesuai dengan pengerjaan, revitalisasi Alun-alun Ciamis ditargetkan selesai pada tanggal 5 September 2023. Artinya sekitar 1,5 bulan dari sekarang.

“Targetnya sampai 5 September 2023. Semoga pengerjaannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” kata Uus.

Terlihat, pembangunan revitalisasi Alun-alun Ciamis saat ini terus berjalan. Pada pekerja terlihat sedang memasang paving blok dan paving blok untuk disabilitas di sejumlah titik. Beberapa bangunan pun telah selesai seperti ruang laktasi dan toilet.(Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya