Selasa, Oktober 26, 2021

Bupati Ciamis: Restorasi Ekosistem Mampu Pulihkan Kondisi Hutan Alam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis terus berupaya untuk pulihkan kondisi hutan alam, salah satunya dengan Program Restorasi Ekosistem. Sehingga dapat meningkatkan fungsi hutan dan nilai hutan dari segi ekologis maupun ekonomis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Kepala Dinas DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar mengatakan ada 7 ekosistem yang bisa dipulihkan. Mulai dari ekosistem hutan dan pohon, ekosistem perkotaan, ekosistem sungai dan danau, ekosistem laut dan pantai, serta eksositem lahan pertanian dengan lahan rumput, ekosistem lahan gambut dan ekosistem pegunungan.

Baca juga:

“Apabila seluruh kawasan hutan terkelola secara baik, maka akan memberikan manfaat untuk seluruh kehidupan,” ujar Herdiat.

Menurut Herdiat, hutan memiliki banyak kekayaan alam. Seperti oksigen dan sumber air yang merupakan sumber kehidupan di muka bumi. Semakin gencar melakukan restorasi ekosistem maka masyarakat akan semakin kuat dalam menghadapi perubahan iklim.

“Restorasi ekosistem adalah pendekatan baru pada membangun adaptasi perubahan iklim yang berbasis ekosistem. Selain itu, berpeluang memperluas bentang hutan alam yang sebelumnya terpisah. Selain itu dapat mengurangi deforestasi serta emisi karbon,” ujarnya.

Kayu merupakan primadona alam yang dengan melakukan restorasi ekosistem akan memiliki berbagai jenis manfaat. Seperti tanaman obat atau biofarmaka dan bioenergi, ekowisata, ilmu pengetahuan, penyerap karbon serta jasa lingkungan.

“Hasil kayunya pun bisa dimanfaatkan bersamaan dengan komoditas hasil hutan lain yang bukan kayu. Diantaranya madu, rotan, jernang, bambu, buah-buahan dan,” ungkapnya.

Hutan merupakan sektor utama dalam mencapai target penurunan emisi yang telah ditetapkan pemerintah. Sehingga mitigasi perubahan iklim serta adaptasi menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk penerapan strategi pembangunan rendah karbon.

Herdiat mengatakan dalam pengelolaan lingkungan tidak terlepas dari mengelola sampah domestik. Pengelolaan dengan baik selain mewujudkan lingkungan bersih dan sehat, juga memiliki nilai ekonomi.

Masyarakat harus dilibatkan dalam pengelolaan lingkungan melalui bank sampah, maggot serta inovasi lainnya. Dengan sinergitas semua stakeholder dalam penanganan lingkungan dapat mewujudkan Ciamis bersih. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU