Selasa, Mei 28, 2024

Petani Desa Imbanagara Ciamis Tradisi Hajatan Jelang Masa Tanam

Ciamis (Djavatoday.com)- Menjelang masa bercocok tanam, para petani dan masyarakat di Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis menggelar tradisi hajatan. Mereka ziarah ke makam Gunungsari tempat di semayamkanya Waliyulloh Raden Syekh H. Abdul Wajah, Jumat (23/10/2020).

Tradisi hajatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, dalam rangka meminta karomah dari Waliyulloh Raden Syekh H. Abdul Wajah untuk keberkahan dan kesehatan dalam melaksanakan cocok tanam.

Sesepuh Desa Imbanagara, Ayi Jauhari menjelaskan, tujuan tradisi hajatan ini dengan melakukan ziarah ke makam waliyulloh Raden Syekh H Abdul Wajah diantaranya untuk meminta karomah. Namun ini hanya perantara tapi tetap hakikatnya tetap dari Alloh SWT.

“Tradisi hajatan ini adalah tradisi adat para petani di Imbanagara. Jadi kalau mau melaksankaan penanaman padi atau bercocok tanaman, terlebih dahulu melakukan tradisi tersebut dengan ziarah dan berdoa ke makam waliyulloh Syekh H. Abdul Wajah,” jelasnya.

Menurutnya, tradisi ini rutin dilakukan setiap tahun sekali. Meskipun, panen itu dua kali dalam setahun, namun tradisi ini hanya dilakukan satu tahun sekali. Tradisi ini sudah lama, bahkan sampai turun temurun di Desa Imbanagara.

“Saya mulai dulu dari sejak sekolah, sampai sekarang yang sudah berusia 72 tahun, masih ada tradisi hajatan ini. Alhamdulilah dengan adanya tradisi ini setiap panen bisa berkah bagi kita semua,” tuturnya.

Ayi berharap, dengan tradisi yang sudah rutin digelar setiap tahunnya ini dapat terus dilanjutkan oleh para generasi penerus. Kemudian, dengan adanya tradisi ini juga para petani disekitar Desa Imbanagara selalu diberikan keberkahan.

“Semoga saja tradisi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Khususnya adanya keberkahaan dalam hasil pertaniaan kita nanti. Kemudian tradisi ini harus tetap dilaksankan setiap tahunnya, ketika akan mulai melakukan penanaman padi,” pungkasnya. (AsepFR/Djavatoday)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya