Selasa, Juli 16, 2024

Penyaluran Bantuan PKH di Ciamis Cair Bulan Januari 2021

Berit Ciamis (Djavatoday.com),- Tahap pertama penyaluran bantuan untuk program Keluarga Harapan (PKH) di Ciamis dilaksankan pada Januari 2021. Demikian dikatakan Kordinator PKH Kabupaten Ciamis, Indra Maulana yang akrab disapa Kang Ucu, Jumat (8/1/2020).

Kang Ucu menjelaskan, untuk kelancaran pencairan pihaknya telah bertemu dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk tahapan persiapan. Sesuai intruksi Kementrian Sosial pada bulan Januari bantuan untuk PKH mulai disalurkan.

“Pertengahan Januari 2021 ditahap pertama ada sebanyak 44 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan PKH,” katanya.

Kang Ucu menuturkan, penyaluran tahap pertama ini dilakukan dengan variatif. Mengingat kondisi setiap keluarga berbeda-beda.

Seperti misalkan satu keluarga memiliki anak usia SD, keluarga satunya lagi tidak punya anak. Jadi penyaluran bantuan PKH di Ciamis yang disalurkan nilainya berbeda.

“Kali ini ada perbedaan, dulu bantuan untuk keluarga yang memiliki anak usia SD dikalikan untuk dua orang. Tapi untuk sekarang tidak ada, jadi dihitung satu orang,” jelas Kang Ucu.

Kang Ucu memaparkan, intinya nilai bantuan per keluarganya sudah ditentukan. Untuk ibu hamil Rp. 3 juta dalam setiap tahun. Kemudian untuk lansia dan disabilitas Rp. 2,4 juta, SD Rp. 900 ribu, SMP Rp. 1,5 juta, SMA Rp. 2 juta dan anak usia dini Rp. 3 juta.

“Nominal tersebut adalah total hitungan per tahun. Tekhnis penyaluranya dibagi menjadi empat tahapan. Dimulai dari bulan Januari, kemudian April, Juli dan Oktober. Jadi penyaluran dilakukan tiap tiga bulan sekali,” katanya.

Tekhnis Penyaluran Bantuan PKH di Ciamis

Kang Ucu menuturkan, program bantuan PKH langsung masuk ke rekening KPM. mekanisme pencairannya dapat dilakukan dimana saja sesuai Bank Himbara.

“Jadi tentunya KPM, dengan ATM merah putihnya itu bisa langsung mengakses ke mesin ATM Bank yang sudah ditentukan. Dan juga agen e-warung atau agen perorangan yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Kang Ucu mengimbau kepada seluruh KPM ketika ingin mencairkan bantuan PKH agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Denga cara 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Ini kan masa pandemi, jadi KPM jika ingin membawa pencairan agar selalu menerapkan protokol kesehatan, agar terhindar dari Covid19. Semoga penyaluran bantuan PKH di Ciamis dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (AsepFR/MM/Djavatoday)

Kadisdik Ciamis Pantau Kegiatan MPLS Hari Pertama Masuk Sekolah, Pastikan Tak Ada Kasus Buli

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ciamis Erwan Darmawan melakukan pemantauan kegiatan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) ke sejumlah sekolah di hari Pertama...

Konsolidasi Relawan Bumi Galuh Ciamis, Herdiat Sampaikan Pesan Ini Hadapi Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya, Bakal calon Bupati Ciamis untuk Pilkada 2024 menghadiri konsolidasi Relawan Bumi Galuh. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Tyara Plaza,...

Posisi Kasi Perencanaan Kosong, Pemdes Rajadesa Ciamis Seleksi Perangkat Desa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemdes Rajadesa, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, melalui panitia seleksi melakukan penjaringan atau seleksi perangkat desa. Penjaringan itu untuk mengisi posisi Kasi...

Harga Minyakita di Pasar Manis Ciamis Tembus Rp 17.000 Per Liter

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Harga Minyakita di Pasar Manis Ciamis saat ini tembus di Rp 17.000 untuk 1 liter dan Rp 32.000 untuk ukuran 2...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya