Selasa, Oktober 26, 2021

Kisah Nenek Sebatang Kara Tinggal di Gubuk Reyot di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral nenek sebatang kara tinggal di gubuk reyot di Dusun Cacaban, Desa Tanjungsari, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ini kisahnya.

Nenek Sunirah namanya, usianya sekitar 75 tahun. Sudah tinggal di gubuk reyot miliknya ini selama kurang lebih 15 tahun sejak suaminya meninggal dunia. Nenek ini sudah tidak memiliki keluarga atau pun anak. Hanya ada keponakannya yang biasa mengantarkan makanan sehari-hari.

Baca juga:

Pantauan, kondisi rumahnya sangat memprihatinkan. Bagian atap genting dan temboknya banyak yang bolong. Sehingga saat hujan angin, air masuk ke dalam gubuk. Meski demikian, Sunirah tetap tinggal di rumahnya.

Selain kondisinya bocor, di gubuk itu pun tidak ada kamar mandi untuk keperluan MCK. Sehingga nenek Sunirah harus menggunakan kamar mandi mushala. Ditambah lagi, gubuk tersebut berada di lereng tebing.

“Sudah lama disini, tinggal sendiri. Keluarga masih ada keponakan. Mau tinggal disini saja,” ujar Nenek sebatang kara yang tinggal di gubuk, Sabtu (29/5/2021).

Sehari-hari Sunirah hanya diam di rumah saja, mengingat usianya yang sudah sepuh. Namun tidak perlu khawatir, untuk makan sehari-hari, keponakannya dan warga setempat sering memberikan bantuan setiap hari secara bergantian.

“Kalau makan Alhamdulillah banyak yang ngasih dari tetangga dan semuanya,” ucapnya.

Ohar, Kepala Dusun Cacaban, membenarkan nenek sebatang kara ini tinggal di gubuk reyot. Meski demikian, warga setempat berusaha semaksimal mungkin untuk membantunya. Tidak hanya memberi makan setiap hari, rumah gubuk lapuk ini pun sebelumnya dibangun oleh warga. Bahkan itu sudah yang kedua kalinya. Tapi saat ini belum lagi ada perbaikan sehingga kondisinya sudah usang.

“Sekarang jadi viral, Alhamdulillah. Semoga ada kebaikan untuk ke depannya. Nenek sudah sekitar 15 tahun tinggal disini sendirian. Dulu sempat ke luar daerah ikut suami. Ketika suaminya meninggal kembali kesini,” katanya.

Netizen Bantu Bangunkan Rumah Nenek Sebatang Kara di Ciamis

Sementara itu, Komunitas Sejatinya Sahabat (SNS) dan netizen telah mengumpulkan donasi membantu membangun rumah yang layak untuk nenek Sunirah.

Dalam waktu singkat berhasil terkumpul donasi juga dari para dermawan. Donasi itu cukup untuk membangun rumah layak huni bagi nenek sebatang kara yang tinggal di gubuk.

“Alhamdulillah warga Tiktok, youtuber telah mengumpulkan donasi untuk bangun rumah layak. Sesegera mungkin kami akan beli material lalu musyawarah dengan warga untuk pembangunannya,” kata Asep Rio, Pembina SNS. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU