Rabu, Juni 19, 2024

MUI dan PGRI Kerja Sama Berikan Pembinaan Spiritual untuk Guru di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam meningkatkan pemahaman akhlak dan moral guru di Ciamis dalam kehidupan sehari-hari, PGRI dan MUI Ciamis kerja sama memberikan pembinaan spiritual. Kegiatan dilaksanakan di Aula Rumah Guru, Jumat (14/7/2023).

Sebelumnya, Dunia Pendidikan Ciamis sempat geger beberapa waktu lalu. Adanya oknum guru yang berprilaku yang tidak sepantasnya hingga terjerat hukum.

Berawal dari hal tersebut, perlu ada upaya-upaya untuk pencegahan dengan pembinaan spiritual. Sehingga guru Ciamis menjadi idola untuk para siswa dengan memiliki akhlak yang baik.

“Ini dalam rangka preventif. Mengingatkan guru Ciamis agar betul-betul menjadi teladan yang baik. Guru harus jadi idaman masyarakat,” ujar Ketua MUI Ciamis, Saeful Ujun.

Komisi Bidang Pendidikan MUI Ciamis Wawan S Arifien menambahkan wawasan guru bukan hanya mampu menguasai materi pembelajaran. Guru juga harus mampu menjadi model dan idola siswa dalam perilaku.

“Harus bisa digugu keilmuannya dan ditiru perilakunya. Ia harus mampu menguasai materi pembelajaran dan IT, tapi ia juga harus menjadi rujukan prilaku para siswanya,” ungkapnya.

Wawan pun mengingatkan kepada pimpinan PGRI setiap daerah agar cepat tanggap atas apa yang terjadi pada anggotanya. Sebelum permasalahan itu menjadi lebih besar.

“MUI Ciamis siap membantu PGRI apabila dibutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua PGRI Ciamis Edi Rusyana menyambut baik pembinaan spiritual dari MUI Ciamis. Menurutnya berbagai persoalan yang terjadi di guru merupakan dinamika dan fenomena di era digital saat ini.

“Memang perlu adanya sikap bersama, ada sinergitas antara PGRI, MUI dan Pemerintah. Kita saling mengingatkan. PGRI jujur butu orang yang memberikan bimbingan dan arahan. Guru juga terkadang lupa dan khilaf,” jelasnya.

Menurut Edi, sejauh ini para guru di PGRI tetap mengedepankan profesionalisme. Pihaknya pun mengaku senang mendapatkan pencerahan dari MUI Ciamis.

“Tentunya masukan-masukan itu akan kami tampung dan kita terapkan dalam mekanisme organisasi PGRI,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya