Sabtu, Mei 25, 2024

Mengenal Tradisi Mitapak di Situs Eyang Danuwarsih Gunung Marapi Rajadesa Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Rajadesa, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti kegiatan Tradisi Mitapak atau Mieling Tapak Karuhun. Kegiatan tersebut digelar di Situs Makam Eyang Danuwarsih Gunung Marapi, Desa Rajadesa.

Selain masyarakat setempat, hadir juga pendatang dari luar daerah yang mengetahui tentang sejarah Situs Eyang Danuwarsih.

Abah Rukanda, Kuncen Gunung Marapi mengatakan Eyang Danuwarsih berasal dari Gunung Dieng. Ia merupakan putra dari Eyang Danu Setra yang juga saudara Eyang Danu Sela.

Setelah mendapat restu orang tuanya, Eyang Danuwarsih dengan penuh tekad datang ke Kerajaan Galuh untuk mengabdi. Ia pun diangkat menjadi penasihat Raja Kerajaan Galuh. Kemudian singkat cerita, Eyang Danuwarsih memutuskan pindah ke Samida di Rajadesa.

“Eyang Danuwarsih mendirikan padepokan. Kemudian beliau kedatangan Raden Guru Gantangan yang merupakan salah satu Prabu Siliwangi. Tujuannya meminta tempat tersebut untuk menjadi sebuah Kerajaan,” terangnya, Sabtu (7/10/2023).

Eyang Danuwarsih pun kemudian menyerahkan wilayah tersebut kepada Prabu Gantangan. Sedangkan Eyang Danuwarsih pindah ke lokasi Gunung Marapi, Dusun Sirnasari, Desa Rajadesa untuk kembali mendirikan padepokan.

Setelah berpindah, Eyang Danuwarsih kemudian kedatangan Raden Walangsungsang yang tujuannya untuk memperdalam ilmu agama. Selanjutnya Raden Walangsungsang pun menikah dengan Nyimas Endang Ayu atau Nyimas Endang Geuslis, putri Eyang Danuwarsih.

Miska, Panitia penyelenggara Tradisi Mitapak, mengakan tradisi ini sudah rutin setiap setahun sekali. Namun kali ini pihaknya menggelar dengan cukup meriah. Biasanya tradisi tersebut digelar sederhana yang melibatkan tokoh-tokoh setempat.

“Alhamdulilah meriah, banyak juga warga yang datang dari luar daerah. Antusiasme masyarakat tinggi,” jelasnya.

Rangkaian Tradisi Mitapak ini antara lain pemaparan sejarah, gelar seni budaya, ruqiyah dan juga salawat bersama. (Andra/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya