Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mengenal 5 Perguruan Tinggi di Ciamis, Yuk Kuliah!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perguruan tinggi adalah lembaga pendidikan yang berperan penting dalam menyiapkan generasi masa depan yang berkompeten dan berdaya saing. Kabupaten Ciamis juga memiliki sejumlah perguruan tinggi yang berkualitas.

Perguruan tinggi itu telah berhasil melahirkan lulusan terbaik untuk berkiprah di masyarakat. Di Ciamis ada 1 universitas, 1 institut dan 3 sekolah tinggi, yang semuanya dikelola oleh swasta.

Dikutip dari buku sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa yang disusun tim yang diketuai Prof Dr Nina Herlina MSi tahun tahun 2020.

5 Perguruan Tinggi di Ciamis

Universitas Galuh Ciamis

Universitas Galuh (Unigal), Kabupaten Ciamis, berlokasi di Jalan RE Martadinata Nomor 150 Ciamis. Jaraknya 3,5 km dari pusat perkotaan ke arah Utara. Unigal berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Galuh.

Berdirinya Unigal diawali dengan didirikannya IKIP Karyawan Ciamis tahun 1964. Dua tahun berikutnya berubah menjadi IKIP Bandung Extension Ciamis. Namun pada tahun 1975, IKIP Bandung Extension Ciamis ditutup.

Pada tahun 1978, Yayasan Pendidikan Galuh (YPG) mendirikan IKIP Galuh yang selanjutnya menjadi STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidika) Galuh Ciamis.

Tahun 1979, STKIP Galuh merjer dengan STKIP Siliwangi menjadi STKIP Siliwangi Tasikmalaya kampus Ciamis.

Selain STKIP Galuh, Yayasan Pendidikan Galuh pun berdiri Sekolah Tinggi Hukum (STH), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STSIP) Galuh dan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP).

Pada 8 April 1998, semua perguruan tinggi tersebut merger menjadi Universitas Galuh, Kabupaten Ciamis.

Sekarang Unigal punya 7 Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Ada juga program Pascasarjana dengan tiga prodi yakni Magister Manajemen, Administrasi Pendidikan, dan Magister Hukum.

IAID Darussalam

Institut Agama Islam Darussalam (IAID) adalah lembaga pendidikan tinggi agama kombinasi antara akademik dan pesantren. Pada awal berdiri, IAID hanya memiliki satu fakultas yakni Fakultas Syariah. Kini bertambah dua, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin atau Dakwah. Terdapat juga program Pascasarjana.

Kampus IAID Darussalam lokasinya di Jalan KH Ahmad Fadlil, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Jaraknya 7 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah Jalan Ciamis-Banjar.

Berdirinya IAID diawali dengan pembukaan Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Jati Bandung di Ponpes Darussalam pada 1 Juni 1970.

Selain dua tahun, tepatnya 1 Juli 1972, Fakultas Syariah IAIN Sunan Gunung Jati diganti menjadi IAID Darussalam sesuai SK Yayasan No 07/ΥΑΚΡΙ/- VII/1972 dengan hanya memiliki 1 fakultas.

Pada tahun 1985 dan 1995, IAID Darussalam menambah Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin/Dakwah. Sementara Program Pascasarjana Magister Ilmu Agama Islam baru ada pada tahun 2003.

STAI Putra Galuh Ciamis

STAI Putra Galuh didirikan oleh Majelis Pendidikan dan Pengajar (MPP) Persatuan Umat Islam (PUI). MPP PUI mengajukan pendirian perguruan tinggi pada tahun 2000. Kemudian keluar Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Islam No: E/35/2002 tentang ijin penyelenggaraan Diploma II Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

STAI Putra Galuh Ciamis kemudian mengajukan Izin perpanjangan dan perubahan jenjang program dari D-II Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ke S-1 PGMI.

Izjn perpanjangan penyelenggaraan pendidikan STAI Putra Galuh Ciamis tercatat dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: Dj.I/494/2007.

Kini STAI Putra Galuh Ciamis memiliki Program Studi S1 PGMI, Pendidikan Guru PAUD, dan Perbankan Syariah. Kampus STAI Putra Galuh berlokasi di Jalan Raya Ciamis-Banjar Nomor 141 KM 3, Cijantung, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

STIKES Muhammadiyah Ciamis

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Ciamis berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan Nomor 20, Kecamatan Ciamis, berada di pusat perkotaan Ciamis.

Pada tahun 1952, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ciamis mendirikan Pendidikan Guru Agama (PGA) dan program Sekolah Pendidikan Guru (SPG) tahun 1975.

Sebelum menjadi STIKES Muhammadiyah, diawali dengan berdirinya Pendidikan Guru Agama (PGA)

Cikal bakal STIKES Muhammadiyah Ciamis dimulai dengan pendirian Pendidikan Guru Agama (PGA) oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ciamis Pada 1952 dan program Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Pada 1975.

Pada tahun 1990, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ciamis merintis Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Muhammadiyah. SPK tersebut bagian dari SPK Muhammadiyah Tasikmalaya (kelas jauh).

Pada 15 Januari 1998, SPK Muhammadiyah Ciamis berdiri sendiri dengan keluarnya Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.00.06.1.1.174.1 tentang Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan SPK Muhammadiyah Ciamis. Kala itu menerima mahasiswa dengan kuota 60 orang selama 4 tahun.

Tahun 1999, SPK Muhammadiyah Ciamis berkembang dengan mendirikan Akademi Keperawatan (Akper). Kemudian tahun 2004 mendirikan Akademi Kebidanan (Kabid) Muhammadiyah Ciamis dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 156/D/O/ 2004.

Di samping itu, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) juga didirikan oleh Badan Pelaksana Harian (BPH) Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Ciamis. Program Studi Sarjana yang diselenggarakan oleh STIKes adalah Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan.

Pada tahun 2006, Pendidikan Akper dan Akbid tergabung dalam STIKES. Sehingga STIKES memiliki 3 program studi yakni D3 Keperawatan, D3 Kebidanan dan S1 Keperawatan. Kini STIKES Muhammadiyah Ciamis memiliki tambahan program studi D3 Farmasi, D3 Analis Kesehatan, dan Profesi Ners.

STEI Ar Risalah

STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam) Ar Risalah berdiri tahun 2016 dengan dua Program Studi yaitu Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah. Perguruan tinggi ini berada dalam lingkup pendidikan Pondok Pesantren Ar Risalah yang mengembangkan sistem pendidikan pesantren dan sistem pendidikan akademik.

Menurut buku sejarah Galuh Dari Masa Ke Masa, Pondok pesantren Ar Risalah didirikan oleh KH Asep Saefulmilah bersama istri Hj Ai Siti Masitoh Saefulmillah pada 1997. Ar-Risalah didirikan sebagai pengembangan dari Pondok Pesantren Al-Qur’an Cijantung Ciamis yang juga didirikan KH Mohammad Siradj.

Kampus STEI Ar Risalah berada di Jalan Raya Nasional Ciamis-Banjar, Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Jaraknya 5 kilometer dari pusat perkotaan Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Calon Pengantin Wanita Asal Ciamis Jadi Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nia Kania (31) warga Desa Karangpari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, merupakan satu dari 12 korban meninggal dunia kecelakaan maut Km 58...

Hadiri Halalbihalal PWRI, Herdiat Pamit dari Jabatan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan permohonan maaf sekaligus pamit dari jabatan sebagai orang nomor satu di Ciamis. "5 tahun ini terasa singkat,...

9 Warga Ciamis Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek, Disdukcapil Terbitkan Akta Kematian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis menerbitkan akta kematian para korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Japek (Jakarta-Cikampek). Dari 9 korban yang dibawa...

Isak Tangis Keluarga saat Pemakaman Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sembilan Jenazah korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) tiba di Ciamis, Senin (15/4/2024) malam pukul 22.30 WIB....

Terpopuler

Lainnya