Sabtu, Mei 25, 2024

Melihat Fasilitas Baru di Taman Alun-alun Ciamis Usai Direvitalisasi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabar gembira bagi warga Tatar Galuh. Kini Taman Alun-alun Ciamis telah selesai Direvitalisasi pada 19 September 2023. Nampak sejumlah fasilitas baru yang sebelumnya belum ada.

Alun-alun Ciamis kini nampak lebih luas karena jalan pada bagian tengah kini ditutup. Sehingga taman pada bagian Barat dan Timur menyatu.

Sebelumnya Revitalisasi Alun-alun Ciamis ini oleh Pemprov Jabar dengan menelan anggaran sekitar Rp 11,5 miliar dengan waktu pengerjaan selama 180 hari. Kemudian ada penambahan pekerjaan dan waktu menjadi 190 hari kerja.

Meski belum peresmian, nampak sejumlah warga Tatar Galuh yang tak sabar langsung menyerbu Alun-alun Ciamis. Terlihat anak-anak bermain pada arena permainan anak yang baru.

Ada pun sejumlah fasilitas yang ada pada Taman Alun-alun Ciamis ini. Pertama arena bermain anak sebanyak 4 titik, yakni pada bagian sebelah Barat Alun-alun ada dua titik tepat depan Masjid Agung. Kemudian sebelah Timur ada dua titik dekat Billboard besar.

Kemudian ada 4 menara lampu dengan ketinggian sekitar 30 meter untuk menerangi seluruh bagian taman. Selain itu terdapat puluhan neon kecil bercahaya kuning. Pada malam hari neon itu akan menambah suasana romantis.

Dekat arena bermain anak juga terdapat sarana olahraga, ada beberapa alat fitnes sederhana. Semua fasilitas itu bisa digunakan masyarakat secara cuma-cuma. Semua arena tersebut memiliki alas rumput sintetis sehingga lebih aman dan lebih bersih.

Pada bagian tengah Taman Alun-alun Ciamis terdapat toilet dan ruang menyusui. Masyarakat tak perlu lagi mencari toilet yang letaknya cukup jauh ketika berkunjung ke Alun-alun Ciamis. Selain itu ada juga sejumlah ornamen lainnya yang sebelumnya tidak ada.

Warga Antusias Kunjungi Taman Alun-alun Ciamis

Selesainya Revitalisasi Alun-alun Ciamis ini disambut positif warga. Meski nampak keindahannya karena rumput pada kawasan itu mengering akibat kemarau. Tapi mereka tetap antusias berkunjung ke Alun-alun Ciamis.

“Menurut saya sekarang lebih bagus, banyak fasilitasnya seperti arena bermain anak, ada untuk olahraga, toliet dan lampu-lampu,” ujar Khodijah, salah seorang pengunjung asal Imbanagara, Rabu (20/9/2023).

Khodijah pun memberikan masukan supaya Pemkab Ciamis melalui instansi terkait untuk memperhatikan kebersihannya. Mengingat setelah revitalisasi ini masih ada sejumlah material yang belum dibereskan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya