Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Lutung Gunung Sawal Ciamis Turun Ke Perkebunan Warga

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-  Sedikitnya 3 ekor Lutung penghuni Gunung Sawal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ditemukan oleh warga turun hingga ke perkebunan warga. Lokasinya di Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih.

Warga menemukannya pada Sabtu(20/2/2021), yang menemukan pertama kali adalah Tato (40) saat ia sedang berjalan kaki menuju gunung. Lutung tersebut sedang berada pada pohon kelapa kemudian berpindah ke pohon lainnya.

Merasa heran dengan kemunculan Lutung penghuni Gunung Sawal ini, Tato kemudian mengabadikan momen itu menggunakan kamera ponsel.

“Jarang terjadi, bahkan saya baru melihatnya ada sekitar tiga ekor Lutung yang turun. Kalau kawanan monyet memang bisa saja ada, tapi untuk Lutung sepertinya sangat jarang sampai ke bawah,” ujar Tato kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Tato mengaku tidak mengetahui pasti Lutung itu sampai bisa turun ke perkebunan warga. Bahkan hampir mendekati ke pemukiman warga. Beberapa dugaan seperti kurangnya makanan, habitatnya terganggu atau hal lainnya bisa memicu munculnya Lutung di Kaki Gunung Sawal.

Kini warga pun mengaku khawatir, tidak hanya Lutung saja yang turun. Bisa saja nantinya  satwa liar buas seperti macan pun bisa saja turun dan mengancam keselamatan warga. Sehingga perlu adanya penanganan dari pihak terkait. Warga pun mencoba melakukan pengusiran agar lutung kembali ke dalam gunung.

Sementara itu, Warid, Kepala Resort XX Gunung Sawal Bidang KSDA Wilayah III Ciamis sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan adanya lutung yang turun gunung. Meski demikian, apabila benar adanya diharapkan masyarakat tidak menangkap satwa dilindungi tersebut.

“Sebaiknya melakukan pengusiran kembali ke Gunung Sawal. Jangan ditangkap atau diburu,” singkatnya. (AY/CN/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya