Sabtu, Juli 20, 2024

Ketua Forum Peduli Lingkungan Ciamis Ajak Warga Manfaatkan BSC

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Forum Peduli Lingkungan Ciamis Dian Ghozin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap masalah sampah dengan memanfaatkan BSC atau Bank Sampah Ciamis.

Hal itu perlu dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih. Masyarakat sedikitnya harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri.  Minimal untuk lingkungan terkecil yakni dalam lingkungan keluarga.  

Ketua Forum Peduli Lingkungan Ciamis mengatakan, terkait dengan persoalan sampah ini sekarang tidak lagi dipandang sebelah mata. Ternyata sampah pun bisa menghasilkan rupiah apabila mendapatkan pengelolaan dengan baik. Seperti di Kabupaten Ciamis ini sudah ada Bank Sampah Ciamis. Fungsinya untuk mengolah sampah dan mengurangi sampah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir.

Bank Sampah Ciamis adalah solusi untuk meminimalisir persoalan sampah di Tatar Galuh, sebelum menjadi persoalan besar seperti kota-kota besar. Bahkan bank sampah saat ini mulai terbentuk di setiap desa tapi belum menyeluruh.

“Melalui peringatan HPSN ke 21 pada bulan Februari tahun 2021 nanti, menjadi momentum untuk membangun budaya tertib, disiplin, sehat, bersih dan bernilai. Mengelola sampah menjadi bernilai dan membuat produktif,” kata Ketua Forum Peduli Lingkungan Ciamis yang juga Ketua Balad Galuh ini.

Ghozin menyebut keberadaan Bank Sampah Ciamis sangat bermanfaat terutama dalam memperkuat partisipasi publik dengan menjadikan sampah sebagai penghasil ekonomi. Salah satunya dengan gerakan memilah sampah.

“Dengan Bank Sampah tentunya kita semakin bisa memilah sampah, tidak membuang sembarangan. Baik sampah organik maupun anorganik sama-sama bermanfaat dan bisa didaur ulang,” pungkasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...

PAD Ciamis Capai 55,72 Persen dari Target di Semester 1 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis pada semester 1 tahun 2024 mencapai 55,72 persen dari target. Hal itu terungkap saat Badan Pendapatan Daerah...

Peralihan Musim Waspadai Penyakit pada Hewan, Ini Pesan Disnakkan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyebut kalau peralihan musim harus waspadai beberapa penyakit kepada hewan. Pasalnya, peralihan musim dari hujan ke...

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya