Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ketahanan Pangan di Ciamis, TNI dan Masyarakat Panen Singkong

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka jaga ketahanan pangan di Ciamis dalam masa pandemi Covid-19, TNI Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat Ciamis melakukan panen singkong. Panen dilaksanakan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Senin (1/2/2021).

Singkong tersebut ditanam dalam rangka pemanfaatan lahan kosong milik Kodim 0613 Ciamis. Lahan tersebut memiliki luas sekitar 1,4 hektar yang sebelumnya sengaja ditanam berbagai tanaman seperti, singkong, pisang, kacang, ubi jalar dan lainnya.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani mengatakan panen singkong ini sebagai salah satu program jaga ketahanan pangan di Ciamis.  Ada beberapa tanaman yang disiapkan, namun yang baru bisa dipanen kali adalah singkong, bersama unsur Muspika Baregbeg dan masyarakat.

“Supaya lebih bermanfaat, jadi lahan seluas 1,4 hektar ini kita manfaatkan untuk ditanami berbagai tanaman untuk ketahanan pangan,” ujar Dandim.

Selain program jaga ketahanan pangan di Ciamis, penanaman ini juga sebagai salah satu upaya dalam melakukan pengamanan aset tanah milik TNI AD. Mulai dari pendataan kemudian dipatok lalu membuat sertifikat.

Untuk itu, Dandim 0613 Ciamis mengajak kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tersebut sebelum digunakan untuk keperluan TNI.  “Hasilnya untuk bersama-sama, baik buat anggota atau masyarakat, silahkan ambil,” terangnya.

Camat Baregbeg Edy Yulianto mengapresiasi program jaga ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kodim 0613 Ciamis. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat.

“Jadi kami tentu mengapresiasi penanaman di lahan kosong milik Kodim 0613 Ciamis ini. ke depan lebih bagus penanaman lebih maksimal bisa berkoordinasi dengan BPP atau PPL,” jelasnya.  (AsepFR/AYU/Djavatoday)

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya