Senin, Mei 27, 2024

Ketahanan Pangan di Ciamis, TNI dan Masyarakat Panen Singkong

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka jaga ketahanan pangan di Ciamis dalam masa pandemi Covid-19, TNI Kodim 0613 Ciamis bersama masyarakat Ciamis melakukan panen singkong. Panen dilaksanakan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Senin (1/2/2021).

Singkong tersebut ditanam dalam rangka pemanfaatan lahan kosong milik Kodim 0613 Ciamis. Lahan tersebut memiliki luas sekitar 1,4 hektar yang sebelumnya sengaja ditanam berbagai tanaman seperti, singkong, pisang, kacang, ubi jalar dan lainnya.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani mengatakan panen singkong ini sebagai salah satu program jaga ketahanan pangan di Ciamis.  Ada beberapa tanaman yang disiapkan, namun yang baru bisa dipanen kali adalah singkong, bersama unsur Muspika Baregbeg dan masyarakat.

“Supaya lebih bermanfaat, jadi lahan seluas 1,4 hektar ini kita manfaatkan untuk ditanami berbagai tanaman untuk ketahanan pangan,” ujar Dandim.

Selain program jaga ketahanan pangan di Ciamis, penanaman ini juga sebagai salah satu upaya dalam melakukan pengamanan aset tanah milik TNI AD. Mulai dari pendataan kemudian dipatok lalu membuat sertifikat.

Untuk itu, Dandim 0613 Ciamis mengajak kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan tersebut sebelum digunakan untuk keperluan TNI.  “Hasilnya untuk bersama-sama, baik buat anggota atau masyarakat, silahkan ambil,” terangnya.

Camat Baregbeg Edy Yulianto mengapresiasi program jaga ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kodim 0613 Ciamis. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sangat bermanfaat dalam membantu masyarakat.

“Jadi kami tentu mengapresiasi penanaman di lahan kosong milik Kodim 0613 Ciamis ini. ke depan lebih bagus penanaman lebih maksimal bisa berkoordinasi dengan BPP atau PPL,” jelasnya.  (AsepFR/AYU/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya