Selasa, Juni 25, 2024

Hasil Pengawasan Bawaslu Ciamis saat Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bawaslu Ciamis menyampaikan kegiatan pencegahan dan pengawasan pada saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Menurut keterangan yang diterima dari Bawaslu, Jumat (8/3/2024), Bawaslu Ciamis telah menjalankan komitmen guna memastikan proses pemilu berlangsung dengan adil, bebas dan jujur.

“Memastikan seluruh jajaran pengawas dari tingkat kecamatan hingga pengawas TPS,” ujar Jajang Miftahudin, Ketua Bawaslu Ciamis.

Jajang menjelaskan pengawasan dilakukan dari tahapan masa tenang, hingga proses pemungutan dan penghitungan suara. Hal itu diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017.

“Kami memiliki kewajiban dalam melakukan pengawasan seluruh proses tahapan pemilu, terutama pada saya proses pemungutan dan penghitungan suara.

Jajang menjelaskan, ada 6 obyek pengawasan yang jadi dasar pengawasan Bawaslu Ciamis pada proses pemungutan dan penghitungan suara.

Antara lain yaitu, antisipasi TPS Rawan, tata cara/prosedur, pengaplikasian SIREKAP, akurasi data, gangguan keamanan, kejadian lainnya.

Jajang menegaskan, Bawaslu beserta seluruh jajaran pengawas adhoc yang tersebar di seluruh Kecamatan sampai ke tingkatan TPS, telah menyampaikan laporan hasil pengawasan.

“Itu hasil pengawasan Bawaslu berserta jajaran Adhoc dalam proses pemungutan dan penghitungan suara pada pemilu 2024. Secara garis besar tidak ditemui kejadian khusus yang berdampak fatal dan mencederai proses,” jelasnya.

Menurut Jajang demokrasi di Kabupaten Ciamis selalu ada ruang pencegahan, ruang persuasif yang dapat ditempuh terlebih dahulu Sehingga tidak ditemui kejadian khusus yang berdampak pada mencederai proses Pemilu.

“Nyatanya mencegah lebih baik dari pada melakukan penindakan,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya