Jumat, Juni 14, 2024

Hari Pertama PPDB SMK di Ciamis Sempat Terkendala Teknis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMK di Kabupaten Ciamis dimulai Senin (3/6/2024). Pada hari pertama PPDB ini sempat terkendala teknis, sekolah dan orang tua tidak dapat mengakses laman atau aplikasi.

Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Ciamis Dadang Nurdin membenarkan pada hari pertama ini, operator sekolahnya tidak dapat mengakses aplikasi PPDB Jabar. Aplikasi tidak dapat dibuka dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB.

“Belum bisa diakses, mungkin error atau down dari pagi sampai sekarang. Biasanya kalau hari pertama seperti ini karena mungkin banyak yang akses dari mana-mana,” ujar Dadang saat ditemui di sekolahnya.

Dadang menyebut pihaknya sengaja membuka layanan untuk para calon pendaftar yang tidak difasilitasi oleh sekolahnya. Mulai dari layanan pembuatan akun hingga input data. Pada hari pertama ini sudah banyak orang tua dan calon peserta didik yang datang, namun mereka belum bisa terlayani karena kendala tersebut.

“Sudah banyak yang datang, kasihan kan kalau tidak dilayani. Ada yang menunggu, ada juga yang pulang dulu tapi sudah masuk grup informasi nantinya mereka akan mendapat kabar kalau sudah bisa diakses,” kata Dadang.

Pada tahap pertama PPDB tingkat SMK untuk jalur apirmasi 15 persen dan lingkungan terdekat 10 persen. Sedangkan untuk tahap 2 nanti untuk jalur prestasi non akademik, lapor, berkebutuhan khusus dan perpindahan orang tua.

Tahun ini SMKN 1 Ciamis menerima 648 kuota, atau lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 576 siswa.

“Ada penambahan karena ada kirim PPPK jadi ditambah Rombel. Di sini ada penambahan konsentrasi, yakni perbankan syariah dan bisnis digital,” jelasnya.

PPDB di SMKN 1 Ciamis Dipastikan Tak Ada Pungli

Dadang memprediksi pendaftar ke SMKN 1 Ciamis masih akan membludak. Melihat dari tahun lalu, pendaftar ke SMKN 1 Ciamis mencapai 1.000 orang. Dari jumlah itu, kebanyakan yang mendaftar sekitar 75 persennya adalah siswa perempuan.

“Intinya kami di sini membuka pelayanan, memfasilitasi pendaftar yang mandiri atau tidak difasilitasi oleh sekolah asalnya. Mudah-mudahan bisa segera diakses,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komite SMKN 1 Ciamis Wawan S Arifien menegaskan tidak ada pungutan apapun di PPDB SMKN 1 Ciamis.

“Tidak ada pungutan apapun di PPDB SMK 1 Ciamis, bila ada yg mengatas namakan pihak sekolah atau komite sekolah meminta uang supaya bisa masuk ke SMK 1 Ciamis. Segera laporkan ke komite atau ke pihak sekolah, atau silahkan langsung ke Saber Pungli dengan data yang lengkap dan akurat tidak memfitnah,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pj Bupati Ciamis Ikuti Wawancara Penilaian Nirwasita Tantra Secara Virtual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengikuti wawancara penilaian Nirwasita Tantra secara virtual, Jumat (14/6/2024) diruang vidcon Bupati Ciamis. Dalam kegiatan tersebut, Pj...

Polisi Ciamis Razia KTMDU Sasar Kendaraan yang Tak Bayar Pajak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petugas gabungan dari Satlantas Polres Ciamis, TNI dan instansi pemerintahan terkait melakukan razia KTMDU (kendaraan bermotor tidak melakukan daftar ulang). Kendaraan...

BPS Ciamis Bangun Gedung Baru, PJ Bupati Engkus Dorong Peningkatan Pelayanan dan Akurasi Data

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis akan membangun gedung baru di Jalan Siliwangi, Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis. Pj Bupati Ciamis Engkus...

Dinas Pendidikan Ciamis Gelar Bimtek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pendidikan Ciamis menggelar kegiatan Bimtek penguatan konsep perundungan, kekerasan seksual, P4GN dan PN penguatan profil pelajar Pancasila. Kegiatan bagi jenjang SMP...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Kominfo Ciamis
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Kominfo Ciamis

Terpopuler

Lainnya