Senin, Juni 17, 2024

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini galau, bahkan ada yang membiarkan tanaman padinya karena sudah terlanjur tak dapat diselamatkan.

Lurah Cigembor Nandro membenarkan tanaman padi di area persawahan Cigembor terserang hama wereng. Dari total area sawah 20 hektare, hampir semua terserang hama wereng.

Nandro menyebut Pemkab Ciamis pun telah menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan penyemprotan obat pembasmi hama.

Menurutnya, serangan hama itu sudah terjadi sejak beberapa pekan lalu. Tanaman padi yang usianya sekitar 2 bulan banyak yang mati dan juga daun mengering.

“Sudah melakukan penanggulangan dengan penyemprotan obat pembasmi hama. Namun memang sudah terlambat, hama wereng sudah menyebar,” katanya, Senin (27/5/2024).

Terlihat persawahan dekat Sirkuit BMX Ciamis sudah banyak yang menguning dan bagian daunnya sudah mati. Namun ada juga padi yang masih hijau tapi sebagian daun sudah mulai terserang hama wereng. Padi tersebut sudah mulai mengeluarkan butiran padi.

Para petani pun telah melakukan penyemprotan menggunakan obat pembasmi hama. Namun upaya tersebut tidak berhasil, serangan hama wereng semakin meluas. Kemungkinan hama wereng itu sudah kebal terhadap obat pembasmi hama.

Suparno (73) petani di Cigembor terus berupaya agar tanaman padinya tetap hidup walaupun sudah terserang hama wereng. Suparno menyebut hama wereng sepertinya sudah kebal dengan semprotan obat pembasmi hama.

“Mudah-mudahan masih bisa diselamatkan dan bisa panen. Sekarang berusaha mengatasi hama itu,” ujar Suparno.

Suparno pun mencoba menyemprot tanaman padi dengan cairan ramuan tradisional. Mengingat obat pembasmi hama sudah tidak mempan. Ramuan itu terbuat dari tembakau, daun nangka dan cabai Puyang.

“Mencoba pakai ramuan sendiri, berusaha sekuatnya meski harapannya kecil,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya