Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DKUKMP Ciamis Bareng Dekranasda Gelar Lomba Desain Batik Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Ciamis, menyelenggarakan lomba desain batik Ciamis 2023.

Peserta lomba untuk pelajar SMA sederajat dan juga masyarakat umum. Pendaftaran telah dibuka sejak 12 Desember 2023 dan ditutup pada 20 Desember 2023.

Lomba desain batik Ciamis ini bertujuan untuk menggali potensi dan juga menciptakan inovasi serta mengembangkan kreatifitas.

“Kami bekerja sama dengan Dekranasda melaksanakan lomba desain batik,” ujar Kepala DKUKMP Ciamis Asep Khalid Fajari, Rabu (13/12/2023).

Peserta akan mendesain batik dengan tema seni budaya, flora dan juga fauna khas tatar Galuh. Untuk pelaksanannya, peserta membuat desain batik di tempatnya masing-masing. Hasilnya kemudian dikirim melalui link dalam bentuk file gambar. Lalu fisiknya dikirim ke kantor DKUKMP Ciamis.

“Undangan sudah disebar ke 152 SMA,SMK dan Madrasah Aliyah di Ciamis. Meminta partisipasi sekolah untuk ikut serta, minimal seorang perwakilan sekolah mengikuti lomba,” katanya.

Berikut beberapa persyaratan peserta lomba desain batik.

  1. Peserta merupakan wakil dari SMA/sederajat. Untuk perseorangan (kategori umum) dibuktikan dengan KTP Ciamis.
  2. Karya orisinil dan belum pernah diikutkan dalam lomba sejenis.
  3. Hasil desain pemenangan menjadi hak milik Dekranasda Ciamis dan akan diajukan ke Hak Kekayaan Intelektual Cipta, Desain Industri dan Merek atas nama Dekranasda Ciamis.
  4. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

“Adapun syarat khusus, desain batik disesuaikan dengan tema yang berhubungan dengan seni budaya, flora dan fauna yang merupakan khas Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Sementara untuk hadiahnya sebagai berikut. Pemenang akan mendapatkan Tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Dari Juara I Rp. 3.000.000 hingga juara harapan III memperoleh Rp 1.000.000. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya