Senin, Juni 17, 2024

Dina, Gadis Asal Lumbung Pemenang Duta Baca Ciamis 2024

Perhelatan Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024 telah dilaksanakan pada Kamis (29/02/2024). Bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis dengan diikuti oleh 27 finalis dari berbagai kecamatan. Serta pemenang Duta Baca Ciamis ditentukan di hari yang sama.

Dari 27 finalis terdapat 4 juara di antaranya, Juara 1 Dina Kusmayanti asal Lumbung. Juara 2 Rocky Imansyah asal Jatinagara. Kemudian Juara 3 Nurul Fatima Zahra asal Baregbeg dan Juara Harapan 1 oleh Rapid Bena Matin.

Profil Pemenang Duta Baca Ciamis

Dina Kusmayanti kini berusia 19 tahun, lulusan SMAN 1 Kawali. Kini Dina sedang menyiapkan untuk test masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Dina menjadi pemenang dari pemilihan tahun 2024 setelah poin penilainya berbeda 4 poin dengan Juara 2.

Sebelumnya, gadis asal Kecamatan Lumbung inipun aktif mengikuti organisasi di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Seperti IRMA SMPN 1 Kawali, Forum Anak Daerah Kabupaten Ciamis, Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Kabupaten Ciamis, Remaja Teman Sebaya BNN Kabupaten Ciamis, MPK SMAN 1 Kawali, Mengabdi untuk Galuh Kabupaten Ciamis dan fasilitator forum anak ciamis.

Adapun motivasi Dina mengikuti pemilihan Duta Baca ingin menjadi pemuda yang ambil peran dalam meningkatkan indeks minat baca. Ingin berpartisipasi dan menjadi pelopor dalam melestarikan budaya literasi di Ciamis. Selain itu juga untuk menambah relasi, ilmu, pengalaman, dan untuk mengabdikan diri pada negeri.

“Karena selain ingin ambil peran dalam Upaya meningkatkan indeks minat baca Masyarakat saya juga ingin menjadi pelopor dan duta baca ini sebagai wadah untuk pengembangan diri yang lebih baik lagi,” ujar Dina

Dina pun merasa bersyukur sekali karena berhasil menjadi Duta Baca Ciamis terpilih dari 27 finalis lainnya.

“Saya sangat bersyukur telah diberikan kesempatan untuk bisa berpartisipasi dan juga berperan dalam Upaya meningkatkan indeks minat baca di Kabupaten Ciamis serta menjadi sebuah komitmen dalam menjalankan tugas dan kewajiban selama satu tahun kedepan,” tutur Dina

Program Kerja

Peran duta baca dalam mewadahi dan meningkatkan literasi di Kabupaten Ciamis tentunya tidak terlepas dari program kerja yang diusung. Baik itu program Bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah ataupun dengan Paguyuban Duta Baca.

Sebagai pemenang pertama Duta Baca Ciamis, tentunya ada beberapa program kerja yang diusung Dina. Di antaranya, Gamis (Gerakan Literasi) Ramadhan , Dubac go to school, Operasi (Optimalisasi dan Kolaborasi), Gelora emas (Gebyar Lomba Literasi), dan Pertalite (Perayaan Tahunan) Literasi.

Tentunya program kerja yang diusung Dina ini tidak berjalan sendirian namun juga berkolaborasi dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis.

“Dan tentunya mengoptimalkan program duta baca yang sudah ada dan melibatkan pengurus,” ujar Dina.

Dengan adanya duta baca, memiliki peran hadir sebagai pionir dalam Upaya meningkatkan lindeks minat baca, membersamai setiap rangkaian kegiatan literasi, optimalisasi program literasi dan sebagai wadah dalam aksi dan Solusi dari eksistensi literasi Masyarakat.

Dina berharap adanya duta baca dapat terwujudnya budaya literat bagi Masyarakat untuk membentuk generasi yang unggul baik secara intelktual maupun secara moralitas.

“Saya berharap juga bahwa Kabupaten Ciamis nantinya dapat menceetak generasi emas yang bisa mempersiapkan estafet kepemimpinan di masa yang akan datang.” pungkasnya. (Pas/Djavatoday)

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024). Selain di Pasar Manis Ciamis,...

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya