Kamis, Mei 30, 2024

Curug Gado Bangkong Tasikmalaya Wisata Alam untuk Merefresh Pikiran

Halo good People. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beragam keindahan alamnya yang jadi tujuan wisata. Mulai dari pengunungan, pantai, sungai sampai air terjun tersebar luas di seluruh penjuru Nusantara. Nah ada nih salah satu keindahan Nusantara yaitu Curug Gado Bangkong Tasikmalaya.

Curug merupakan nama lain dari air terjun. Penggunaan nama curug biasanya dipakai oleh masyarakat Sunda. Di Tasikmalaya, Jawa Barat terdapat air terjun yang disebut Curug gado Bangkong.

Penamaan gado bangkong sendiri apabila diartikan dalam bahasa Indonesia maka berarti dagu katak. Konon menurut masyarakat setempat ada mitos bahwa adanya makhluk raksasa berwujud katak yang tinggal di sekitar lokasi curug.

Curug Gado Bangkong Tasikmalaya terletak di desa Santamekar, Cisayong. Lokasi curug ini dapat ditempuh sekitar 46 menit dari pusat kota tasikmalaya.

Curug gado bangkong ini hanya dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua. Karena jalan menuju lokasi belum masuk ke sebuah gang sempit yang tentu tidak dapat diakses oleh roda empat.

Ketika kalian sampai di lokasi maka udara sejuk yang asri akan langsung terasa. Pepohonan yang rimbun dan hijau menyegarkan mata juga merefresh pikiran kalian.

Seperti hal nya kebanyakan curug atau air terjun dibeberapa tempat. Kalian perlu berjalan beberapa meter dari tempat parkir untuk dapat sampai di lokasi curug.

Sepanjang perjalanan menuju curug yang akan kalian lihat adalah pepohonan serta jalan tanah Merah. Namun, kalian tidak akan menyesal ketika sudah sampai di tempat.

Curug gado bangkong tasikmalaya yang memiliki ketinggian sekitar 70 meter ini akan terpampang indah dengan jelas. Di bawah curug kalian dapat berenang karena kedalamannya yang tidak terlalu dalam.

Untuk kalian yang ingin bermain air pun aman. Namun tetap harus berhati-hati karena ada beberapa batu yang licin.

Jika kalian mencari tempat untuk berfoto maka curug ini cocok dijadikan destinasi selanjutnya. Tempat yang asri dan nyaman membuat siapapun akan betah berlama-lama disini.

Meskipun dikelilingi pepohonan dan membuat nyaman sayangnya tempat yang tersedia dipinggir curug cukup sempit. Sehingga tidak disarankan untuk berpiknik makan bersama disekitar curug.

Harga Tiket Masuk Curug Gado Bangkong Tasikmalaya

Harga tiket masuk lokasi cukup murah. Sebagai upaya pengembangan pengelola mengenakan tarif Rp. 7 ribu. Namun harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas yang tersedia di sini cukup kumplit karena sudah ada toilet, mushola serta tempat parkir kendaraan. Meskipun belum senyaman ditempat lain tapi sudah dapat disebut memadai.

Wisata di Indonesia sangat lah banyak namun jika kalian berkunjung ke tasikmalaya jangan lupa untuk mampir ke curug. Karena curug gado bangkong tasikmalaya ini sayang untuk dilewatkan. Jika kalian berkunjung ke suatu tempat jangan lupa untuk tetap menjaga keselamatan apalagi wisata alam. Stay safe. (Pas/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya