Rabu, Juni 19, 2024

Cara Dinsos Ciamis Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cara menarik dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis dalam merayakan Hari Peduli Sampah Nasional, Rabu (21/2/2024).

Pada pegawai Dinsos wajib memilah sampah dari rumah sesuai jenisnya. Kemudian mereka membawanya ke kantor dan membersihkan sampah plastik secara bersama-sama. Sampah plastik itu hasil memulung di lingkungannya masing-masing.

Ada pun sampah plastik yang dikumpulkan seperti botol minuman air mineral atau cup gelas. Setelah selesai dibersihkan, sampah plastik itu kemudian dibawa ke bank sampah untuk ditabung.

Kepala Dinas Sosial Ciamis Eka Permana Oktaviana mengatakan pihaknya juga turut memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2024. Kegiatan yang dilakukan dengan memberikan edukasi kepada pegawai mengenai pilah sampah.

Harapannya para pegawai di rumah masing-masing dapat melakukan kebiasaan pilah sampah lalu hasilnya ditabung di bank sampah. Sehingga kegiatan kecil itu dapat menjadi budaya yang akan bermanfaat dan berdampak pada lingkungan.

“Pilah sampah sesuai jenisnya baik di rumah, di lingkungan dan juga di kantor,” ucapnya.

Diharapkan kesadaran dan kepedulian sampah itu juga diharapkan ditanamkan di setiap pegawai Dinsos Ciamis. Kemudian dapat menularkannya juga kepada masyarakat lingkungan masing-masing.

“Sebetulnya kegiatannya sederhana dan mudah. Cukup pilah sampah, bersihkan lalu antar ke bank sampah. Nantinya juga akan dapat uang dari hasil sampah itu,” ungkapnya.

Menurut Eka, budaya pilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya harus terus menjadi budaya di lingkungan Dinas Sosial. Mengingat sampah merupakan salah satu masalah di mana pun. Sampah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya