Rabu, Oktober 27, 2021

Cara Alami Mengobati Amandel Tanpa Harus Operasi

Cara alami mengobati amandel ini merupakan cara lain atau alternatif tanpa harus melakukan operasi amandel. Anda pernah mengalami amandel? Penyakit ini tentu akan menggangu apalagi saat aktivitas makan. Amandel merupakan penyakit peradangan pada dua bantalan jaringan berbentuk oval di belakang tenggorokan. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri seperti virus Rubeola, Influenza, Adenovirus, Eterovirus, serta Rhenovirus.

Gejala yang dialami oleh penderita amandel di antaranya nyeri di area telinga, nyeri saat menelan, demam, kelelahan, dan suara terganggu. Biasanya diikuti gejala pembengkakan amandel dan kelenjar getah bening di leher. Nafsu makan pun memburuk, sakit tenggorokan, mengeluarkan air liur berlebihan, dan bau mulut. Jika mengalami tanda-tanda seperti itu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, ya!

Baca juga:

Biasanya penanganan untuk mengobati amandel adalah dengan jalan operasi. Namun, ternyata ada cara untuk mengobati amandel ini yang bisa Anda coba sehari-hari di rumah. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Cara Alami Mengobati Amandel dengan Jeruk Nipis

Selain sering dijadikan bumbu masakan atau obat batuk, jeruk nipis juga bisa menjadi obat alami mengatasi amandel. Kandungan zat antibakteri dalam jeruk nipis memang baik untuk kesehatan. Untuk mengobati amandel, Anda hanya perlu menyediakan dua buah jeruk nipis dan setengah sendok teh kapur sirih. 

Adapun cara mengolahnya adalah dengan memeras jeruk nipis tadi. Campurkan kapur sirih dengan perasaan air jeruk nipis lalu aduk dengan rata. Konsumsilah beberapa kali dalam sehari dengan teratur, terutama saat malam sebelum tidur. Terus lakukan cara alami mengobati amandel dengan jeruk nipis  ini hingga amandel tidak bengkak dan sembuh

Cara Alami Mengobati Amandel dengan Mengkudu dan Madu

Mengkudu si buah pahit memang memiliki rasa yang tak disukai kebanyakan orang. Namun, siapa sangka buah ini memiliki khasiat dan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Mengkudu mengandung karbohidrat, protein, gula, vitamin C dan E, biotin, folat, magnesium, kalium, dan kalsium. Mengkudu juga mengandung banyak antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan zat antibakteri dan antiradang.

Cara alami mengobati amandel dengan mengkudu ini bisa ditambah dengan madu agar rasanya sedikit ‘tertolong’. Caranya, cuci buah mengkudu 2, kemudian parut, peras lalu saring ampasnya. Setelah itu, tambahkan air panas secukupnya dan tunggu hingga hangat. Kemudian, tambahkan madu secukupnya lalu aduk merata. Dianjurkan untuk meminumnya tiga kali sehari secara rutin agar efektif meredakan amandel Anda.

Cara Alami Mengobati Amandel dengan Kulit Manggis

Kulit manggis memang kaya akan manfaat, terutama dalam menurunkan hipertensi, diabetes, dan mengobati jerawat. Kulit manggis juga ternyata menjadi pengobatan alami untuk mengatasi amandel. Hal tersebut karena kulit manggis mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang mampu mencegah dan mengatasi peradangan. Baik peradangan yang terjadi di luar ataupun di dalam tubuh.

Pengolahan kulit manggis sebagai cara mengobati amandel dilakukan dengan menyediakan kulit manggis seberat 15 gram. Siapkan juga minyak daun mint. Rebus kulit manggis dengan dua botol air dan tunggu hingga tersisa satu botol saja. Teteskan minyak daun mint dan aduklah dengan merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur dengan rutin hingga amandel sembuh.

Nah, itulah beberapa cara alami mengobati amandel yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU