Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Belasan Warga Kawali Ciamis Diduga Keracunan, 1 Orang Meninggal

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Belasan warga Kawali, Kabupaten Ciamis, diduga keracunan. Mereka mengalami keluhan mual hingga diare usai menyantap makanan di sebuah acara hajatan. Dikabarkan 1 orang meninggal dunia dan yang lainnya menjalani rawat jalan dan rawat inap di puskesmas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis Bayu Yudiawan mendapat laporan dari PKM Kawali pada Minggu (3/1/2021). Sejumlah warga melami mual, muntah, pusing dan diare. Mereka kemudian dirawat di PKM Kawali.

“Setelah melakukan penelusuran ternyata keterangan warga semua sama. Warga Kawali Ciamis ini mengalami sakit setelah konsumsi makanan pada acara hajatan. Kami langsung menginvestigasi kejadian ini langsung ke lapangan,” ujar Bayu, Selasa (5/1/2021).

Bayu pun membenarkan dari belasan orang itu, seorang diantaranya meninggal dunia pada Senin (4/1/2021). Nakes PKM Kawali pun langsung survei serta mengambil sampel makanan dari acara hajatan itu. Untuk kemudian dilakukan penelitian pada sampel itu, termasuk darah dan faeces korban diduga keracunan.

“Benar ada seorang warga meninggal dunia, tapi belum dapat disimpulkan penyebab kematiannya. Karena sampai saat ini masih dalam proses pengujian sampel. Ada 10 sampel makanan dan minuman yang akan diuji,” terangnya.

Bayu pun menerangkan warga Kawali Ciamis yang kini masih menjalani perawatan ada 7 orang. Namun kondisinya saat ini mulai membaik. Sedangkan yang lainnya hanya menjalani rawat jalan karena mengalami keluhan ringan.  (CN/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya