Selasa, Juni 25, 2024

Belasan Warga Kawali Ciamis Diduga Keracunan, 1 Orang Meninggal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Belasan warga Kawali, Kabupaten Ciamis, diduga keracunan. Mereka mengalami keluhan mual hingga diare usai menyantap makanan di sebuah acara hajatan. Dikabarkan 1 orang meninggal dunia dan yang lainnya menjalani rawat jalan dan rawat inap di puskesmas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis Bayu Yudiawan mendapat laporan dari PKM Kawali pada Minggu (3/1/2021). Sejumlah warga melami mual, muntah, pusing dan diare. Mereka kemudian dirawat di PKM Kawali.

“Setelah melakukan penelusuran ternyata keterangan warga semua sama. Warga Kawali Ciamis ini mengalami sakit setelah konsumsi makanan pada acara hajatan. Kami langsung menginvestigasi kejadian ini langsung ke lapangan,” ujar Bayu, Selasa (5/1/2021).

Bayu pun membenarkan dari belasan orang itu, seorang diantaranya meninggal dunia pada Senin (4/1/2021). Nakes PKM Kawali pun langsung survei serta mengambil sampel makanan dari acara hajatan itu. Untuk kemudian dilakukan penelitian pada sampel itu, termasuk darah dan faeces korban diduga keracunan.

“Benar ada seorang warga meninggal dunia, tapi belum dapat disimpulkan penyebab kematiannya. Karena sampai saat ini masih dalam proses pengujian sampel. Ada 10 sampel makanan dan minuman yang akan diuji,” terangnya.

Bayu pun menerangkan warga Kawali Ciamis yang kini masih menjalani perawatan ada 7 orang. Namun kondisinya saat ini mulai membaik. Sedangkan yang lainnya hanya menjalani rawat jalan karena mengalami keluhan ringan.  (CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya