Jumat, Mei 24, 2024

Alun-alun Ciamis Mulai Direvitalisasi, Anggaran Rp 11,5 Miliar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Alun-alun Ciamis akan kembali dipercantik. Penataan atau revitalisasi Alun-alun Ciamis ini langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan anggaran sekitar Rp 11, 597 miliar.

Diketahui pada tahun 2018 lalu, Alun-alun Ciamis pernah direvitalisasi oleh Pemkab Ciamis. Namun penataan hanya pada bagian Taman Raflesia. Kali ini penataan dilaksanakan secara menyeluruh dengan luas 2,5 hektare.

Ada pun penataan dilakukan mulai dari pemasangan paving blok pada bagian tengah yang sebelumnya adalah jalan. Kemudian ada bangunan laktasi dan perpustakaan yang sudah dilengkapi toilet umum dan difabel. Selanjutnya perbaikan beberapa sarana prasarana lainnya, seperti memperbanyak permainan anak.

Pantauan Senin (13/3/2023), pelaksanaan revitalisasi Alun-alun Ciamis dimulai. Para pekerja dari kontraktor mulai memasang bedeng atau penghalang menggunakan bilik. Penggunaan bilik ini sebagai salah satu upaya pemberdayaan UMKM.

Pada tahap ini pembangunan dilaksanakan di bagian atas Alun-alun depan Masjid Agung Ciamis hingga lebaran. Hal ini untuk memberikan ruang bagi para PKL Ciamis untuk berjualan takjil.

Mengingat Alun-alun Ciamis biasa digunakan masyarakat untuk ngabuburit dan berburu takjil yang dijual oleh para PKL. Setelah lebaran, pembangunan langsung dilakukan secara menyeluruh.

Sementara itu, Kabid Kebersihan, Persampahan dan Pertamanan Uus Uswian mengaku bersyukur Ciamis mendapat penataan atau Revitalisasi Alun-alun dari Pemrov Jabar. Setelah jadi, diharapkan Alun-alun Ciamis dapat bermanfaat bagi masyarakat sekaligus dapat meningkatkan kebahagiaan.

“Setelah selesai nanti yang direncanakan bulan Agustus, Alun-alun Ciamis menjadi sarana rekreasi gratis bagi masyarakat. Sekaligus dapat meningkatkan kebahagiaan,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri Dikembalikan ke Polres Ciamis Usia Jalani Observasi di RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sudah 14 hari sudah Tarsum pelaku kasus pembunuhan dan memutilasi istrinya di Ciamis menjalani rehabilitasi di RS Jiwa Cisarua Bandung. Tarsum...

HUT Kodam III Siliwangi, Kodim Ciamis Gelar Turnamen Sepakbola U-17 Dandim Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepakbola U-17 Dandim Cup antar kecamatan. Turnamen ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kodam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya