Selasa, Juni 25, 2024

8 Tahanan di Lapas Ciamis Titipan Kejaksaan Positif Corona

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sedikitnya 8 tahanan di Lapas Kelas IIB Ciamis Titipan Kejaksaan Negeri Ciamis terkonfirmasi positif Corona.

Sebagai tindak lanjut, Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis melakukan penjemputan pasien, untuk dibawa ke isolasi terpusat Asrama Haji Komplek Islamic Center Ciamis, Jumat (26/2/2021) sore.

Kasi Administrasi Kamtib Lapas Ciamis Rahadian Buana membenarkan delapan tahapan titipan Kejaksaan positif Covid-19. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Kejari Ciamis untuk melakukan penanganan.

Buana menjelaskan awalnya Lapas mendapat titipan tahanan dari Kejaksaan yang dilengkapi dengan dokumen. Hasil Rapid Test non reaktif. Tapi, ketika sampai di Lapas, ada seorang tahanan yang mengalami gangguan Indra penciuman dan perasa.

“Jadi seorang tahanan itu tidak bisa mencium bau kayu putih dan tidak merasakan ikan asin. Lalu kami langsung pisahkan selanjutnya dilakukan swab test dan hasilnya positif,” ucapnya.

Pihak Lapas selanjutkan kembali berkoordinasi untuk menindaklanjutinya dengan tes swab 7 tahanan lainnya. Ternyata hasilnya pun sama menunjukan hasil positif Corona.

“Karena kami mendapat titipan dari Kejaksaan maka kami langsung berkoordinasi untuk tindakan selanjutnya. Maka sekarang dilakukan penjemputan, tapi dibawa ke mananya itu dari pihak Kejaksaan,” jelasnya.

Buana menyebut, selama ini Lapas Ciamis ketika menerima tahanan baru sudah sesuai dengan standar operasional prosedur. Tahanan baru dipisahkan dengan tahanan lama dan ditempatkan di ruang khusus.

“Mereka ditempatkan di ruangan khusus untuk melakukan isolasi 14 hari mencegah bila ada seorang yang terpapar corona. Sehingga tidak menularkan kepada narapidana lama,” ucapnya.

8 tahanan Lapas Ciamis titipan kejaksaan ini berasal dari wilayah Ciamis, Bandung dan Tasikmalaya. Kasusnya pun dari beberapa macam dari mulai 351 KUHP, hingga 480 KUHP.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sebanyak 7 tahanan Lapas Ciamis yang dijemput oleh 7 ambulans. Sedangkan 1 orang informasinya dirawat di RSUD Ciamis. Sedangkan yang lainnya diisolasi di Isolasi Terpusat Asrama Haji Ciamis. (CN/AY/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya