Kamis, Juli 11, 2024

3 Rumah Korban Kebakaran di Ciamis Dibangun dari Program Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis membangun puluhan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di tahun 2024 ini.

Sekretaris DPRKPLH Ciamis Aris Taufik Abadi menjelaskan hal terkait pembangunan rutilahu tersebut. Menurutnya, dari puluhan rumah yang dibangun, ada beberapa rumah yang menjadi prioritas. Salah satunya adalah bangunan rumah korban kebakaran.

“Tahun ini Pemkab Ciamis membangun 44 unit rumah warga yang kondisinya tidak layak huni menjadi rumah layak huni,” katanya, Kamis (11/7/2024).

Aris menjelaskan, ada 44 unit rumah Rutilahu yang dibangun. Sebanyak 3 unit rumah dibangun akibat terdampak musibah kebakaran.

“Salah satu unit rumah yang dibangun akibat musibah kebakaran yaitu di Kampung Kuta Kecamatan Tambaksari,” katanya.

Sementara Sebanyak 41 rumah rutilahu lainnya tersebar di seluruh kecamatan Kabupaten Ciamis. Puluhan rumah itu telah memenuhi 3 aspek.

“Dalam membangun rutilahu itu harus memenuhi 3 aspek. Yaitu keselamatan, bencana, kesehatan lingkungannya dan kecukupan lahannya,” jelasnya.

Aris menjelaskan, selain progres pembangunan Rutilahu tersebut dari APBD Kabupaten Ciamis, juga ada pembangunan dari anggaran Provinsi Jawa Barat.

“Anggaran pembangunan Rutilahu dari Provinsi Jabar ada 100 unit yang tersebar di 5 desa kawasan kumuh dengan masing-masing 20 unit di setiap desa nya,” ungkapnya. (Ayu//CN/Djavatoday)

Tahun 2024, Pemkab Ciamis Bangun Puluhan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui DPRKPLH akan membangun puluhan rumah tidak layak huni (Rutilahu) menjadi rumah tinggal layak huni. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan...

Kisah Pangeran Usman, Tokoh Penyebar Islam di Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketika berkunjung ke Situs Astana Gede Kawali, pengunjung akan melihat makan dengan ukuran yang panjang. Makam tersebut adalah tokoh penyebar Islam...

Pj Bupati Ciamis Apresiasi Kekompakan Warga Kampung Madu Banjaranyar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengunjungi Kampung Madu di Dusun Sindangasih, Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Dalam kesempatan itu, Engkus...

KPU Ciamis Sebut Progres Coklit Sudah Diatas Target

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kadiv Perencanaan data dan Informasi KPU Kabupaten Ciamis, Tohirin menyebut progres Coklit sampai tanggal 10 Juli 2024 sudah 94,86 persen. "Sekarang sudah...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya