Senin, Juli 15, 2024

22 Seni Helaran Meriahkan Galuh Ethnic Carnival Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galuh Ethnic Carnival (GEC) yang merupakan salah satu rangkaian acara pada hari jadi Kabupaten Ciamis setiap tahunnya kembali digelar.

Pada hari jadi ke-382 tahun 2024 ini, ada sebanyak 22 seni helaran yang memeriahkan Galuh Ethnic Carnival.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Selasa (11/6/2024). Masyarakat antusias menyaksikan pertunjukan dari sejumlah seni helaran.

Adapun seni helaran ini menampilkan kesenian arak-arakan yang banyak berkembang di Kabupaten Ciamis.

Seperti halnya memamerkan kesenian dengan keunikan, nilai artistik, dan keeksotisannya kepada setiap masyarakat di Kabupaten Ciamis maupun luar Kabupaten Ciamis.

Galuh Ethnic Carnival ini sebagai salah satu media promosi memperkenalkan seni budaya, industri kreatif dan perdagangan di Kabupaten Ciamis dengan menampilkan ciri khas potensi Daerah.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna berharap kebudayan dan kesenian yang ada di Kabupaten Ciamis dari berbagai daerah ini dapat lebih kenal lagi oleh seluruh masyarakat.

“Mudah-mudahan kedepannya kebudayaan dan kesenian dari Ciamis selain masyarakat kenal juga dapat muncul di kancah lebih tinggi lagi,” harapnya.

Engkus juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan para penggiat budaya untuk lebih munculnya kebudayaan dan kesenian milik Ciamis.

“Kalo bukan kita orang Ciamis siapa lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ciamis, Andang Firman Triyadi menyebut, Galuh Ethnic Carnival ini merupakan gelaran ke 5.

Andang juga menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat yang telah antusias pada kegiatan tersebut.

“Pada GEC yang kelima ini merupakan pesta rakyat dan juga untuk rakyat, mudah-mudahan ini menjadi hadiah dalam menyambut hari jadi Ciamis ke 382,” pungkasnya. (AA/Djavatoday.com)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya