Jumat, Oktober 18, 2024

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan meter, curug ini tetap memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah bentuknya yang unik bak pancuran yang berpilin. Keindahan kolamnya yang jernih berwarna kebiruan juga menjadi alasan wisatawan rela berjalan jauh untuk melihatnya.

Air terjun ini menjadi salah satu dari sekian banyaknya air terjun di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasinya berada di kawasan objek wisata alam Damar Payung yang santer terkenal hingga wisatawan mancanegara. Topografi wilayah pegunungannya memang selalu memiliki hal-hal eksotik yang patut untuk kamu nikmati setidaknya sekali seumur hidup. Pas menjadi spot healing dan refreshing sembari merilekskan tubuh serta pikiran dari hiruk-pikuk kehidupan.

Curug Gede Damar Payung juga masuk ke dalam wisata Damar Payung yang menawarkan ragam aktivitas liburan lainnya. Penasaran seperti apa keseruan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke objek wisata ini? Simak informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini. Sobat Djava bisa menjadikannya sebagai bahan referensi.

Daya Tarik Curug Gede Damar Payung

Objek wisata air terjun ini merupakan spot healing yang asyik karena memiliki keindahan alam yang masih asri. Curugnya tak lebih dari ketinggian 10 meter, tetapi debitnya yang deras membuatnya tetap terlihat memesona. Apalagi bentuk alirannya mirip seperti air mancur yang berpilin hingga ke dasar kolam di bawahnya. Hal tersebut terjadi karena bentuk batuannya yang tidak beraturan.

Air yang jatuh akan membentuk kolam alami yang cukup luas. Kolam ini begitu cantik karena jernihnya air memantulkan warna kebiruan yang indah. Wisatawan bisa saja berenang di kolam ini, tetapi pastikan kamu bisa berenang karena kedalaman kolamnya mencapai 4 meter. Jika tak bisa berenang, ada baiknya untuk tetap berada di tepi kolam sembari menikmati keindahan Curug Gede Damar Payung.

Selain curug dan kolamnya yang indah, pepohonan serta berbagai vegetasi alam yang hijau sejauh mata memandang pun begitu menyegarkan. Udara yang tersaji di sekitar curug pun tentu bersih karena jauh dari hiruk-pikuk perkotaan yang padat polusi. Maka inilah saat yang tepat untuk kamu melakukan rileksasi dan menghirup udara segar sebanyak-banyaknya. 

Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Curug Gede Damar Payung dengan berswafoto. Selain di depan curugnya, wisatawan juga biasanya mengambol foto dengan latar tebing berbatu yang unik. Tebing ini bisa kamu temui di perjalanan saat akan menuju ke curugnya.

River Tubing

Jika Sobat Djava menyukai tantangan yang memacu adrenalin, cobalah untuk melakukan river tubing atau susur sungai di objek wisata ini. Titik mulainya adalah di curug, kemudian kamu akan melewati aliran sungai dengan menggunakan ban. Demi keamanan, kamu harus menggunakan perlengkapan keselamatan dan akan ditemani oleh guide profesional. Dengan melakukan river tubing, kamu bisa merasakan segarnya air dari pegunungan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Curug Gede Damar Payung merupakan satu dari rangkaian objek wisata Damar Payung. Maka kamu akan membayar tiket di loket wisata Damar Payung sebesar Rp7.000 per orang untuk semua spot wisata. Sangat terjangkau, bukan? Adapun biaya parkirnya bisa kamu sesuaikan dengan kebijakan pihak pengelola wisata.

Berbagai fasilitas pun telah tersedia di objek wisata ini. Mulai dari area parkir kendaraan, musala, toilet, kamar ganti, warung, hingga spot foto. Tersedia juga fasilitas camping ground, cottage, river tubing, snorkeling, dan lainnya. 

Alamat dan Jam Operasional Curug Gede Damar Payung

Objek wisata Curug Gede Damar Payung berlokasi di Genting, Kotayasa, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Jam operasionalnya mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Dari area parkir, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang rindang. Tak begitu jauh, hanya sekitar 15 menit dengan jalan yang landai. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Naga Bogor: Info HTM, Fasilitas, dan Alamat

Curug Naga Bogor merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan keseruan bermain air dan berpetualang di alam terbuka. Objek wisata ini juga menyuguhkan keindahan...

Ipukan Highland Kuningan, Staycation Aesthetic di Gunung Ceremai 

Ipukan Highland Kuningan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan penginapan aesthetic yang beragam. Suguhan keindahan pegunungan Ceremai pun bisa Anda saksikan, lengkap dengan...

Bird Pavilion Lembang, Wisata Seru untuk Pecinta Burung

Bird Pavilion Lembang merupakan sebuah objek wisata alam dan edukasi yang seru, terutama bagi para pecinta burung. Sepert namanya, objek wisata ini menyuguhkan lebih...

Batu Lumpang Pangandaran, Segarkan Harimu di Indahnya Sungai

Batu Lumpang Pangandaran merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan sungai berwarna hijau kebiruan. Sungai ini memiliki panjang lebih dari 1 kilometer dengan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya