Sabtu, Juli 13, 2024

Curug Mugiri Subang, Eksotisme Air Terjun Setinggi 60 Meter

Curug Mugiri Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun yang eksotis setinggi sekitar 60 meter. Air terjun ini juga terkenal sebagai hidden gem yang masih belum banyak terjamah oleh manusia sehingga alamnya masih sangat asri. Ketika kamu sampai di curug ini, hiruk pikuk dunia perkotaan dan segala beban akan menguap, berganti dengan ketenangan dan kesegaran.

Keindahan air terjun ini ternyata tak bisa kamu dapatkan dengan mudah karena akses menuju curugnya begitu sulit. Hal tersebut karena objek wisata ini tidak lagi tersentuh pengelolaan dari pihak manapun. Meskipun begitu, para pecinta alam dan mereka yang gemar petualangan akan dengan senang harti mendatangi curug ini. Baik wisatawan lokal maupun dari wisatawan berbagai kota.

Jika kamu menyukai tantangan dan gemar menjelajah di tengah alam, maka Curug Mugiri Subang akan menjadi pilihan yang pas. Sayangnya, informasi mengenai curug ini masih minim karena belum sepopuler Curug Cileat yang masih berada di kabupaten yang sama. Namun, jangan khawatir karena kami telah merangkum beberapa informasi mengenai curug ini yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Baca juga: Rubina Waterpark Subang: Informasi HTM hingga Alamat

Keindahan Curug Mugiri Subang

Ketika mendapatkan jatah cuti atau memasuki hari libur, aktivitas paling menyenangkan adalah pergi ke tempat yang jauh dari perkotaan. Mengunjungi tempat dengan pemandangan alam yang fantastis dan menyajikan suasana tenang yang mampu membuat beban hidup terasa hilang. Salah satu destinasi yang biasanya menjadi tujuan adalah air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut curug.

Air terjun yang masih tersembunyi dengan keindahan yang tak main-main ternyata bisa kamu temukan di Kabupaten Subang. Namanya adalah Curug Mugiri Subang dengan ketinggian sekitar 60 meter di atas permukaan laut. Bentuk aliran air terjun ini vertikal dengan debit air yang cukup besar sehingga menimbulkan deburan yang cukup keras. Kamu juga bisa merasakan cipratan air atau tampias dari jatuhnya air yang menyebarkan kesegaran dan udara dingin.

Pepohonan yang berada di sekitar air terjun ini begitu lebat dengan tanaman lain khas hutan yang rimbun sehingga menciptakan nuansa asri yang begitu kental. Kerasnya air yang jatuh dari ketinggian mmebuat wisatawan tidak bisa leluasa berenang karena akan membahayakan. Akan tetapi, wisatawan masih bisa bermain air di aliran sungainya yang penuh dengan bebatuan tempat wisatawan biasa berswafoto. Kamu bisa bersantai menikmati eksotisme air terjun sembari menghirup udara segar sebanyak-banyaknya.

Hutan Bambu yang Penuh Mistis

Selain air terjunnya, objek wisata Curug Mugiri Subang juga menghadirkan daya tarik lain yang biasa menjadi perbincangan wisatawan. Daya tarik tersebut adalah hutan bambu yang terletak tepat sebelum titik air terjunnya. Hutan bambu ini begitu unik karena seperti berkelompok di mana satu kelompok bambu ke kelompok lain cukup berjarak. Bambu-bambu ini tumbuh tinggi dan melengkung ke atas sehingga membuat area di bawahnya begitu teduh.

Wisatawan yang pernah datang ke hutan bambu ini mayoritas mengaku merasakan aura mistis yang kuat. Pencahayaan yang berkurang dengan kabut tipis yang terkadang menyelimuti hutan bambu ini akan membuat wisatawan seperti berada di dunia lain. Terlepas dari aura mistisnya, hutan bambu ini memiliki keunikan dengan hawa dingin yang sejuk.

Harga Tiket Gratis

Curug Mugiri Subang tidak menerima pengelolaan dari pihak manapun, baik pemerintah maupun masyarakat. Oleh karena itu, tidak ada biaya tiket masuk ketika kamu berkunjung ke curug ini, alias gratis. Namun, jangan lupa untuk tetap menyiapkan dana untuk keperluan lainnya. Salah satunya adalah untuk menyewa jasa tour guide dari penduduk lokal agar tidak tersasar mengingat curug ini berada di dalam hutan.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata alam ini tidak memiliki fasilitas apapun di lokasinya. Untuk parkir kendaraan saja, kamu harus memanfaatkan lahan rumah warga atau parkir di sisi jalan. Fasilitas toilet, kamar bilas, maupun warung juga tidak tersedia karena wisata ini sudah terbengkalai. Kami sarankan untuk membawa perbekalan sendiri, ya!

Adapun jam operasional curug ini tidak terdaftar secara resmi sehingga kamu bisa datang kapan saja. Namun, sebaiknya jangan datang saat hari mulai gelap karena sepanjang perjalanan akan sangat gelap. Hindari berkunjung saat musim hujan karena akses jalan akan licin dan khawatir terjadi air bah. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi nomor 0895110029813.

Alamat Curug Mugiri Subang

Objek wisata Curug Mugiri Subang berlokasi di Cikujang, Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41282. Berjarak sekitar 31 kilometer dari Alun-alun Kabupaten Subang atau bisa kamu tempuh dalam waktu 1 jam. Namun, akses jalannya begitu menantang dengan kontur naik-turun dan medan berupa tanah dan bebatuan. Sobat Djava juga harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang naik-turun dengan semak di kedua sisi selama sekitar 20 menit. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya