Jumat, Mei 7, 2021

Pesona dan Romantisme Wisata Kebun Mawar Situhapa Garut

Swiss van java memang banyak memiliki destinasi wisata alamnya. Selain terkenal dengan pantai dan curugnya, Garut juga ternyata memiliki taman bunga yang cantik. Taman itu dikenal dengan Kebun Mawar Situhapa Garut. Destinasi wisata alam yang satu ini bahkan mampu menghadirkan suasana romantis, lho. 

Meskipun dinamakan Kebun Mawar, namun nyatanya tak hanya menyuguhkan koleksi mawar saja. Ada banyak jenis bunga dan tanaman  lainnya yang cantik dan menawan. Anda akan merasakan sensasi seperti berada di taman bunga Inggris. Untuk mengetahui pesona lainnya, yuk simak artikel ini selengkapnya.

Daya Tarik Kebun Mawar Situhapa Garut

Kebun Mawar Situhapa Garut merupakan wisata alam dengan hamparan bunga yang tentu menjadi daya tarik utama. Di kebun ini Anda akan menemui banyak hamparan bunga yang cantik dengan lebih dari 500 jenis. Ada mawar, begonia, koleksi kaktus dan agave. Serta bunga eksotis lainnya seperti The Flame of Irian dan anggrek.

Terdapat juga jenis mawar Damask Rose. Yang selalu dipanen untuk membuat minyak esensial, air mawar, dan teh mawar. Wisatawan juga dapat mencicipi teh mawar tersebut.

Bunga-bunga dan tanaman lainnya dirangkai dengan manis dan semenarik mungkin. Ada yang ditata rapi menjadi hamparan bunga, semak, terowongan dengan bunga yang menjuntai, dan labirin. Spot ini cocok menjadi objek foto yang cantik. Untuk anda yang ingin bermain sambil menguji konsentrasi, labirin setinggi 160 sentimeter bisa menjadi arena yang tepat. 

- Advertisement -

Berada di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1.100 mdpl, objek wisata ini menyuguhkan pemandangan hijau yang menyejukkan. Menikmati pesona  bunga yang memanjakan mata serta semerbaknya yang wangi bisa menjadikan liburan lebih istimewa. Taman ini juga sering dijadikan tempat untuk pemotretan, apalagi foto prewedding. Memang sekeren itu view-nya.

Sejarah Kebun Mawar Situhapa Garut

Kebun Mawar Situhapa Garut dimekarkan sejak tahun 2012. Didirikan oleh sepasang pengumpul bunga dan dirawat oleh orang-orang yang profesional. Taman ini memiliki ekosistem yang beragam dengan pilihan spesimen flora yang unik.

Yang lebih istimewa adalah taman ini dikelilingi pegunungan yang mengungkungnya. Di antaranya adalah Gunung Guntur, Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, dan Gunung Talaga Bodas. Sehingga hawa dinginnya begitu sejuk. Cocok untuk menjadi tempat mengusir kepenatan dari rutinitas yang padat.

Bermalam di Tengah Hamparan Bunga

Kebun Mawar Situhapa ini menyediakan berbagai pilihan villa sebagai penginapan untuk pengunjung. Untuk kapasitas 2 sampai 3 orang, anda bisa memilih Villa Damascena atau Villa Geranium. Namun, bagi anda yang datang bersama rombongan keluarga, ada Villa Hortensia yang bisa menampung hingga 9 orang. Semua villa ini bergaya artistik dengan furniture kayu dan kaca yang menambah kesan aesthetic.

Di setiap villa, anda akan disuguhkan pemandangan berbeda yang bisa dilihat melalui kaca jendela. Menyelam sambil minum air, anda dapat menikmati pesona kebun mawar dan panorama pegunungan sekaligus. Bermalam dikelilingi bunga dan tanaman indah memberikan sensasi romantisme yang tak terlupakan. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi nomor  +62851-0070-6006 atau +62851-0181-7148.

Kuliner Unik Khas Mawar

Selain penginapan, fasilitas kulinernya pun disediakan dengan adanya restoran di tengah taman bunga. Masih bergaya artistik dan cozy, restoran ini juga cocok dijadikan spot foto yang instagramable. Menunya juga bervariasi, dari makanan khas Sunda sampai khas Barat pun tersedia. Yang spesial adalah anda bisa memesan teh mawar dengan kelopak mawar yang bisa dicicip.

Karena udaranya dingin, restoran Kebun Mawar Situhapa Garut ini menyediakan menu yang bisa menghangatkan tubuh. Seperti sup buntut yang kaya akan rempah dan kopi panas. Anda juga bisa ngeteh cantik sambil menikmati potret luasnya taman penuh bunga.

Fasilitas 

Kebun Mawar Situhapa Garut memiliki fasilitas terbaik yang lengkap. Seperti toilet dengan kebersihan yang terjaga, mushola, area parkir, restoran, penginapan, serta labirin dan area bermain anak.

Lokasi

Objek wisata ini berada di Jalan Raya Kamojang, Samarang, Sukakarya, Kabupaten Garut, Jabar. Lebih mudah diakses dengan kendaraan pribadi.

HTM dan Jam Operasional

Biaya tiket masuk Kebun Mawar Situhapa yakni Rp 17.500, – untuk hari Senin sampai Sabtu. Serta Rp 22.500, – untuk hari Minggu atau Libur Nasional. Adapun jam operasionalnya, untuk taman dipuka pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore. Sedangkan untuk restoran dibuka pukul 10 pagi hingga pukul 8 malam.

Itulah keistimewaan wisata Kebun Mawar Situhapa Garut. Suasana romantis dan potret pemandangannya yang menakjubkan cocok dijadikan liburan akhir pekan. Baik bersama pasangan atau pun keluarga. Namun, tetap patuhi protokol kesehatan, ya.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

Leuwi Tonjong Garut Wisata yang Panoramanya Bak Phuket Thailand

Wisata Leuwi Tonjong Garut merupakan satu dari banyaknya wisata alam di Kabupaten Garut. Panoramanya akan mengingatkan para wisatawan dengan kawasan wisata dunia, yakni Phuket...

4 Lokasi ‘Negeri Atas Awan’ di Kabupaten Ciamis

Bagi sebagian orang, menyaksikan fenomena ‘Negeri Atas Awan’ adalah kesenangan tersendiri yang bisa membuat hati dan pikiran menjadi bahagia sekaligus takjub akan keindahan alam...

Oknum Wartawan di Tasikmalaya Ngamuk di Kantor Desa Cikondang

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Seorang pria yang mengaku wartawan di Tasikmalaya Ngamuk di Kantor Desa Cikondang, Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Senin (3/5/2021). Diduga...

Brigez DPC Cisayong Tasikmalaya Bagikan Takjil dan Santunan Anak Yatim

Berita Tasikmalaya (Djavatoday.com),- Ormas Brigez DPC Cisayong Kabupaten Tasikmalaya menggelar bakti sosial dengan bagikan takjil dan memberikan santunan untuk anak Yatim, Minggu (2/5/2021). Kegiatan bakti...

BERITA TERBARU

Karang Taruna Sedekan Ciamis Berbagi Takjil Secara Door to Door

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Karang Taruna Sedekan, Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan aksi berbagi takjil kepada masyarakat. Aksi berbagi takjil ini...

Wabup Yana Tutup Kegiatan Bazar Perwira Ciamis

DJAVATODAY.COM, CIAMIS - Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menutup Bazar Ramadhan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA), Kamis (6/5/2021). Kegiatan bazar...

Penyekatan Mudik di Ciamis, 30 Kendaraan Pemudik Diputar Balik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penyekatan mudik lebaran di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mulai dilakukan, Kamis (6/5/2021). Aparat gabungan melakukan penyekatan di Pos Cihaurbeuti yang merupakan...

Bupati Ciamis; Kami Janjikan 10.000 Tenaga Kerja Bukan Lapangan Kerja

DJAVATODAY.COM, CIAMIS - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menekankan bahwa janji politiknya adalah membuka 10.000 tenaga kerja bukan 10.000 lapangan kerja. Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis,...

Popular

INFO GRAFIS