Selasa, Mei 14, 2024

Wisata Edukasi Eptilu, Sensasi Petik Jeruk di Garut

Wisata Edukasi Eptilu merupakan sebuah objek wisata alam yang memadukan konsep edukasi dan kuliner yang unik. Tak hanya bisa menikmati keindahan alam Swiss Van Java, wisatawan yang datang juga bisa merasakan sensasi memetik jeruk khas Garut. Kebunnya memiliki area yang cukup luas dengan udara sejuk khas pegunungan sehingga cocok menjadi destinasi wisata saat akhir pekan. Selain memetik jeruk, wisatawan dapat mengetahui ragam pengetahuan tentang jeruk serta budidaya tanaman lainnya, seperti tomat dan cabai merah.

Kuliner khas Sunda yang tersedia di sini juga menjadi hal yang tak boleh Sobat Djava lewatkan. Nikmatnya nasi liwet hangat dengan sajian sambal dan lalapan menjadi menu favorit bagi para wisatawan yang datang. Kira-kira, ada hal menarik apa lagi di tempat ini? Simak dalam artikel ini selengkapnya, ya!

Daya Tarik Wisata Edukasi Eptilu

Sobat Djava, ingin mencoba wisata alam yang menarik dan berbeda dari biasanya? Cobalah berkunjung ke Wisata Edukasi Eptilu yang menawarkan sensasi wisata memetik jeruk khas Garut dan tanaman budidaya lainnya. Garut memang banyak memiliki hal ikonik selain domba garut dan dodolnya yang manis, salah satunya adalah buah jeruk. Beberapa jenis jeruk yang biasa kita temukan di Kota Dodol ini di antaranya jeruk keprok, jeruk siem, hingga jeruk konde.

Ukuran jeruk yang besar, rasanya yang manis dan menyegarkan menjadi daya tarik tersendiri, apalagi wisatawan bisa membawanya pulang. Dengan catatan membayar biaya per kilonya sebesar Rp20.000, Anda juga bisa memakannya di tempat, lho. Pastinya, semua hasil pertanian jeruk, cabai, hingga tomatnya segar, seperti slogan wisata ini, “Fresh From Farm”. Slogan tersebut kemudian disingkat menjadi F3 (ef tiga), tetapi orang Sunda menyebutnya eptilu. 

Menariknya lagi, objek wisata ini lahir dari ide seorang mahasiswa lulusan IPB bernama Reza Fahreza yang ingin mengembangkan potensi daerahnya. Dengan menerapkan sistem close loop untuk pertaniannya, Reza memulai budidaya ini sejak 2016 lalu. Tak sia-sia, kini Wisata Edukasi Eptilu banyak menjadi pilihan bagi wisatawan dari berbagai daerah. Terutama para siswa dan mahasiswa yang melakukan study tour untuk menambah wawasan mereka di bidang pertanian dan ekonomi.

Tak hanya perkebunannya, keindahan alam di sekitar tempat ini juga mencuri perhatian. Lanskap pegunungannya terlihat jelas memesona, apalagi saat sunrise dan sunset tiba. Cocok untuk wisatawan yang ingin ngadem atau healing, bersantai sejenak setelah lelah bekerja di saung-saung yang tersedia. 

Jangan lupa untuk mengabadikan momen memetik jeruk dengan berfoto bersama, ya. Properti keranjang buah dan topi khas petani akan mendukung fotomu lebih bagus dengan berlatarkan kebun jeruk. Spot foto lain yang biasanya menjadi favorit wisatawan adalah gapura yang berlatarkan pegunungan. 

Fasilitas dan Lokasi

Sebagai sebuah agrowisata, Wisata Edukasi Eptilu memiliki banyak fasilitas untuk memanjakan para wisatawannya. Tersedia area parkir, toilet, musala, saung untuk istirahat, spot foto, kebun, hingga saung kuliner. Berbagai menu dan camilan lezat tersedia, seperti nasi liwet lengkap dengan sambalnya,  singkong, talas, hingga minuman bajigur dan bandrek. Selain rasanya yang lezat, harga makanannya juga masih terjangkau, lho. 

Wisata dengan luas area sekirar 1,2 hektare ini berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tepatnya di Jl. Raya Garut – Cikajang No.KM. 24, Mekarsari, Kec. Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44171. Berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat Kota, atau sekitar 40 menit perjalanan. Agrowisata yang sempat mendapat kunjungan dari Presiden Joko Widodo ini tidak mematok harga tiket masuk.

Namun, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola Wisata Edukasi Eptilu. Jika Anda tertarik berlibur dan menambah edukasi budidaya tanaman di sini, catat jam operasionalnya, Sobat Djava. Untuk hari Senin hingga Sabtu objek wisata ini buka pukul 09.00-17.00 WIB. Melansir dari akun Instagram resminya @eptilu.id, objek wisata ini tutup setiap hari Jumat. 

Agar Sobat Djava bisa mendapatkan sensasi liburan yang seru di Wisata Edukasi Eptilu ini, pastikan datang saat musim panen. Agar bisa memetik jaruk, cabai, tomat, dan tanaman lainnya dengan seru. (Ris/Djavatoday(

Nikmati Keseruannya! Ini Dia Tempat Wisata yang Memiliki Wahana Rainbow Slide

Wahana rainbow slide menjadi salah satu wahana populer dengan keseruan yang menjanjikan. Rainbow slide atau perosotan pelangi mungkin sudah tidak asing lagi kedengarannya. Wahana...

Curug Cikurutug Cianjur, Spot Healing Baru Bak Lukisan

Curug Cikurutug Cianjur merupakan sebuah objek wisata alam baru berupa air terjun dengan pemandangan yang menawan bak sebuah lukisan. Objek wisata yang dulunya terbengkalai...

Taman Batu Purwakarta: Info HTM, Fasilitas, dan Alamat

Taman Batu Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang menawarkan sensasi berenang di kaki Gunung Burangrang. Sambil berenang, kamu bisa menikmati keindahan pegunungan yang...

Sendang Lawu Karanganyar, Wisata Kuliner yang Syahdu

Sendang Lawu Karanganyar merupakan sebuah restoran dengan konsep wisata alam terbuka yang memiliki nuansa syahdu. Tempat ini memiliki banyak fasilitas menarik dengan desain yang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya