Jumat, April 19, 2024

Sumber Sira Malang, Wisata Pemandian dengan View Persawahan

Sumber Sira Malang merupakan salah satu objek wisata alam yang menyuguhkan cantiknya kolam pemandian yang jernih. Tempat ini juga menyajikan panorama hijaunya persawahan yang memanjakan mata. Dengan fasilitas sederhananya, objek wisata ini selalu mampu memanjakan para wisatawannya. Bahkan mereka yang datang tak hanya wisatawan lokal, melainkan dari berbagai daerah.

Kabupaten Malang memang memiliki banyak tempat wisata alam maupun wisata yang bertema kekinian. Seperti Wisata Batu Flower Garden, Malang Night Paradise, Coban Rondo, dan masih banyak lagi. Anda tak perlu bingung jika sedang berlibur ke kabupaten ini.

Wisata lain yang tak kalah populer di Kabupaten Malang adalah Sumber Sira Malang. Sebuah pemandian dengan air yang begitu jernih dan suguhan pemandangan berupa persawahan yang indah. Yuk, intip bagaimana keindahan yang tersuguh pada objek wisata ini. Simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Sumber Sira Malang

Objek wisata ini tidak mematok harga tiket masuk yang mahal, lho. Hanya dengan uang sebesar Rp5.000 saja per orangnya, dengan biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000. Jika Anda ingin mencoba menaiki kereta sawah, cukup membayar lagi Rp10.000 per orang. Siapkan juga uang jika Anda ingin bersantap nikmat di warungnya yang menyediakan ragam hidangan dan camilan lezat dengan harga terjangkau.

Pastikan Anda datang saat jam operasionalnya, yakni mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Sumber Sira Malang adalah saat pagi hari di mana suasananya masih sangat menyegarkan. Jam operasional dan harga tiket ini tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sesuai kebijakan pihak pengelola wisata. Hubungi nomor 082229465229 untuk informasi terbaru setiap saatnya.

Daya Tarik Sumber Sira Malang

Objek wisata alam ini adalah sebuah wisata pemandian dengan dua kolam jernih yang menjadi daya tarik utamanya. Terdapat dua kolam yang bisa wisatawan gunakan untuk berenang. Kolam utama dengan kedalaman sekitar 160 cm untuk dewasa dan berukuran cukup luas. Airnya begitu bening seperti kaca sehingga mampu memantulkan warna hijau dari pepohonan sekelilingnya.

Tak hanya itu, saking jernihnya kolam Sumber Sira Malang, Anda bisa melihat tetumbuhan di dasar kolam dengan jelas. Seperti sedang diving di Raja Ampat, lho! Untuk anak-anak, terdapat sebuah kolam dengan kedalaman sekitar 50-60 cm. Harao untuk selalu mengawasi anak ketika berenang atau bermain air, ya.

Jika Anda tidak bisa berenang, cukuplah bermain air pada tepian kolam atau berenang menggunakan rompi pelampung. Anda juga bisa menyewa ban agar bisa bersantai di atas air dan berswafoto di tengah kolam. Pemandangan kolam ini makin terasa asri dan alami karena rimbunnya pohon-pohon hijau yang mengelilinginya. Area kolam pun menjadi lebih teduh.

Selain pemandangan kolamnya yang cantik dengan air yang menyegarkan, panorama hamparan sawahnya pun turut menambah keindahan. Jajaran pohon-pohon kelapa pun menambah nuansa pedesaan yang tenang khas alam. Tak heran jika Sumber Sira Malang banyak menjadi tujuan healing oleh wisatawan.

Berburu Spot Foto dan Bersantap Nikmat

Selagi berenang atau diving, abadikanlah momen tersebut dengan berswafoto. Terdapat beberapa spot yang bisa Anda jadikan backgroundnya. Seperti tulisan ‘Sumber Sira’ di seberang kolam, hamparan sawah, dan pastinya di dalam kolam itu sendiri. 

Setelah puas mengeksplorasi kolam Sumber Sira Malang, cobalah untuk bersantap di warungnya. Ada ragam makanan lezat untuk mengganjal perut yang bisa Anda coba dengan harga yang terjangkau. Seperti mi instan yang hanya Rp4.000, bakso Rp7.000, nasi tahu telor Rp10.000, nasi goreng, pecel, dsb. Untuk minumannya, ada teh, kopi, pop ice, hingga wedang jahe. 

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas. Seperti area parkir, gazebo untuk bersantai, toilet, musala, spot foto, hingga warung. Kemudian terdapat fasilitas wahana kereta sawah.

Alamat Sumber Sira Malang adalah Jalan Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65174. Berjarak 20 kilometer dari pusat kota dengan akses jalan yang cukup bagus. Namun, lebar jalannya cukup sempit untuk mobil. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan sepeda motor. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya