Selasa, Mei 21, 2024

Situ Biru Cilembang, Hidden Gem Eksotis di Sumedang

Situ Biru Cilembang merupakan sebuah danau kecil yang menjadi objek wisata alam yang eksotis di Sumedang. Lokasi danau ini begitu tersembunyi dalam kawasan perbukitan yang rindang dengan pepohonan. Itulah sebabnya tempat ini sering mendapat julukan sebagai hidden gem atau hidden paradise.

Sumedang merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang populer dengan kulinernya, yakni tahu sumedang. Kabupaten yang ini pun mendapatkan julukan sebagai “Kota Tahu”. Namun, kabupaten ini juga memiliki ragam keindahan alam yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu yang populernya adalah Waduk Jatigede.

Namun, ternyata masih ada tempat indah di Sumedang yang tersembunyi. Namanya adalah Situ Biru Cilembang. Sebuah danau yang meskipun tidak begitu luas, tetapi memiliki keindahan yang memanjakan mata. 

Penasaran dengan keindahan danau ini? Mari simak uraian berikut ini karena kami akan memberikan ragam informasi menarik dan penting tentang wisata ini. Yuk, simak selengkapnya, ya!

Daya Tarik Situ Biru Cilembang 

Objek wisata alam Situ Biru Cilembang bisa menjadi alternatif pilihan untuk healing, merileksasi diri dari kepenatan sehari-hari. Kesejukan dan kealamian yang mengelilingi danau ini sangat cocok untuk Anda yang memerlukan ketenangan. Juga cocok untuk Anda yang ingin menikmati kesegaran alam yang masih asri dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Keistimewaan danau ini adalah sesuai dengan namanya, yakni airnya yang berwarna biru, indah sekali apalagi saat tersinari cahaya matahari. Warna danau ini dulunya bening biasa, tetapi sejak tahun 2015 warnanya berubah menjadi biru eksotis. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, perubahan warna tersebut berasal dari perubahan pH airnya.

Airnya begitu jernih dan tenang. Luas danau ini juga hanya sekitar 70 meter persegi dengan kedalaman sekitar 3-4 meter. Meskipun tak begitu luas, itu tidak mengurangi keindahannya. Danau ini tetap cocok menjadi spot foto dan video yang instagramable.

Danau dengan ukuran yang terhitung kecil ini juga masih menjadi mata air yang mengaliri ke rumah-rumah warga untuk kebutuhan air minum dan lainnya. Kealamian Situ Biru Cilembang pun sangat terjaga, bahkan pengunjung yang datang tidak boleh berenang ataupun sekadar bermain air. Tenang, Anda masih bisa mengambil lanskap keindahannya menggunakan kamera.

Apalagi birunya air danau berpadu dengan hijaunya pepohonan yang rindang mengelilingi danau. Membuat area sekitar danau menjadi teduh dan hawanya begitu sejuk. Jika ingin berenang, Anda bisa melakukannya pada sebuah danau lain yang berada sebelum danau biru ini. Airnya tak kalah segar dan warnanya juga bening. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata Situ Biru Cilembang berlokasi cukup tersembunyi dengan rimbunnya pepohonan dan suasana khas pedesaan. Oleh karena itu, fasilitas yang tersedia masih seadanya. Mulai dari area parkir, toilet, maupun warung makan. Apalagi semenjak kejadian longsor saat April 2022, beberapa fasilitasnya mengalami kerusakan.

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Kami sarankan untuk datang saat pagi hari dengan kondisi cuaca yang cerah. Hindari berkunjung saat hujan karena akses treking akan licin dan sulit.

HTM dan Alamat Situ Biru Cilembang 

Harga tiket masuk ke objek wisata alam ini adalah Rp10.000 per orangnya. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya parkir, ya. Perlu Anda ingat juga bahwa harga tiket tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Alamat menuju danau sekaligus mata air ini adalah Desa Hariang, Kec. Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45392. Akses jalan menuju lokasinya memang tidak begitu mulus, ada yang berupa aspal dan cor yang cukup licin karena lumut. Kemudian Anda masih harus berjalan kaki menuju danau biru ini dengan kondisi jalan yang tidak mudah.

Anda akan melewati jalan setapak dengan pohon-pohon yang hijau dan rindang memanjakan mata. Anda juga bisa menghirup udara segar sepanjang perjalanan. Jembatan beton dan jembatan bambu pun akan Anda lewati, teruslah berjalan hingga menemukan danau berwarna bening. Ambil jalan setapak di sebelah kiri, kemudian terus jalan hingga menemukan tumpukan batu, di balik itulah terdapat Situ Biru Cilembang Sumedang. (Rismawati/Djavatoday)

Rekomendasi Tempat Nongkrong Gratis dan Aesthetic di Jakarta!

Rekomendasi tempat nongkrong gratis bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi kamu yang ingin kongkow bersama teman di Jakarta. Tak hanya gratis, sederet tempat-tempat ini...

Masjid Perahu Sri Soewarto, Wisata Baru di Sukabumi

Masjid Perahu Sri Soewarto merupakan sebuah masjid dengan konsep yang unik karena berbentuk perahu besar. Tempat ibadah umat Islam yang satu ini juga memiliki...

Curug Dayang Sumbi Subang: HTM hingga Alamat

Curug Dayang Sumbi Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang masih hidden gems di daerah Ciater. Objek wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun yang...

Paralayang Bukit Sempu, Spot Ngecamp dan Berburu City Lights!

Paralayang Bukit Sempu merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus spot camping yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Akhir-akhir ini, viral di media sosial yang menampilkan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya