Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Saung Angklung Udjo, Wisata Keluarga Berbasis Edukasi Budaya Sunda

Saung Angklung Udjo merupakan sebuah wisata yang mengusung konsep kebudayaan Sunda, khususnya angklung. Objek wisata ini tak hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga menarik minat banyak wisatawan asing dari mancanegara. Saung Angklung Udjo semakin meramaikan wisata di Bandung dengan berbagai pertunjukan seni khas Jawa Barat. 

Angklung merupakan suatu alat musik yang terbuat dari bambu khas Sunda, Indonesia. Angklung akan mengeluarkan nada-nada indah yang harmoni jika seseorang menggoyangkan atau menggetarkannya. Alat musik yang telah diakui UNESCO ini juga tak hanya menyuguhkan keindahan irama, tetapi juga keindahan kekompakan para pemainnya. Yuk, simak penjelasan berikut untuk informasi menarik lainnya mengenai Saung Angklung Udjo.

Tentang Saung Angklung Udjo

Baca juga:

Bagi Anda yang mencari wisata untuk keluarga terutama untuk si buah hati, objek wisata ini wajib dikunjungi. Di sana, anak-anak dapat mempelajari berbagai hal tentang seni sebagai bentuk pelestarian ke tiap generasi. Wisata budaya ini didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena atau biasa disebut Mang Udjo bersama istrinya. Mang Udjo merupakan seorang seniman angklung yang tertarik pada kesenian tersebut sejak berusia 4 tahun.

Mang Udjo juga menggeluti beberapa kesenian lainnya, seperti gamelan, kecapi, pencak silat, dan lagu daerah. Oleh karena itu, Anda akan menyaksikan berbagai kesenian tersebut di Angklung Udjo. Dengan mengunjunginya, secara tidak langsung kita telah menjaga, melestarikan, dan menyambung warisan budaya bangsa ke generasi selanjutnya. 

Pada Januari 2021, beredar kabar bahwa Saung Angklung Udjo akan ditutup karena tak diperbolehkan menerima pengunjung dan melakukan pentas. Namun, faktanya Saung ini tetap kembali beroperasi, bahkan Menteri Parekraf Sandiaga Uno menggandengnya untuk bangkit. Oleh karena itu, cintailah budaya lokal dan pilihlah wisata berbasis budaya lokal sebelum berlibur ke luar negeri. Melestarikan budaya adalah tugas kita bersama, bukan?

Pertunjukan Seni

Wisatawan yang berwisata ke Saung Angklung Udjo biasanya adalah rombongan keluarga atau pelajar bahkan turis asing. Mereka tertarik melihat secara langsung berbagai kesenian khas Sunda, terutama pertunjukan angklung. Biasanya diadakan pertunjukan angklung orkestra dan wisatawan pun bisa belajar angklung bersama. Tak hanya itu, wisata ini juga menyuguhkan pertunjukan wayang golek, helaran, tari topeng, dan tarian tradisional lainnya. 

Pertunjukan kesenian biasanya digelar pada hari libur pukul 10.00 atau 15.30 hingga pukul 17.30. Wisatawan bisa menari bersama, belajar, dan bernyanyi bersama dengan gembira. Edukasi budaya yang didapat tentulah akan berharga untuk pelestarian budaya Indonesia. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berswafoto untuk mengabadikan momen. 

Fasilitas

Saung Angklung Udjo memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Terdapat area parkir, toilet bersih, dan toko suvenir. Terdapat bale karesemen, yakni tempat pertunjukan seni dengan panggung dan bangku penonton dari kayu. Ingin bersantai? Anda bisa melakukannya di Buruan Sari Asih yang bernuansa Sunda.

Tempat mengedukasi lainnya juga ada, seperti pusat produksi angklung. Anda bisa melihat bagaimana pembuatan angklung. Lapar setelah melihat pertunjukan? Saung Udjo memiliki saung dapur Udjo yang menyuguhkan hidangan khas Sunda yang otentik. 

HTM 

Berikut merupakan price list untuk melihat pertunjukan di Saung Angklung Udjo. Harga tersebut sudah termasuk minuman (air mineral, es lilin, atau teh). Anda juga akan mendapatkan gratis suvenir berupa gantungan kunci berbentuk angklung. 

Dewasa (WNI): Rp60.000 Rupiah

Dewasa (WNA): Rp100.000 Rupiah

Pelajar (WNI): Rp40.000 Rupiah

Pelajar (WNA): Rp60.000 Rupiah

Anak-anak di bawah 3 tahun: gratis

Lokasi Saung Angklung Udjo

Wisata ini berlokasi di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung. Anda bisa menggunakan Google Maps agar lwbih mudah.

Itulah beberapa informasi mengenai Saung Angklung Udjo. Tempat ini juga tak jarang jadi tempat untuk menikah karena dekorasi tradisional khas Sunda memang menarik. Bermain dan berlibur sembari belajar tentang warisan budaya Indonesia ini wajib Anda coba. Namun, jangan abaikan protokol kesehatan, ya!(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU