Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pantai Watu Leter, Keindahan Laut dengan Karang yang Asri

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pantai Watu Leter merupakan sebuah objek wisata yang menyuguhkan keindahan laut dengan pantainya yang berhiaskan tanaman hijau. Tanaman-tanaman hijau tersebut tumbuh di atas batuan karang sepanjang pantai dan di tengah laut. Batuan karang dengan ukuran besar tersebut membuat ombak lautnya tidak begitu besar dan cenderung tenang. Wisatawan yang datang pun bisa bebas bermain air atau berenang.

Pantai ini berada di pesisir Selatan Kabupaten Malang dan bersebelahan dengan Pantai Goa Suci dan Pantai Goa Cina. Meskipun pantai ini tidak sebeken Pantai Pangandaran atau Pantai Parangtritis Yogyakarta, tetapi keindahannya tidak kalah saing. Tempatnya yang cenderung masih sepi dan belum terjamah banyak manusia membuatnya seolah terjaga. 

Nah, bagi Anda yang ingin liburan ke pantai yang tidak terlalu ramai, Pantai Watu Leter bisa menjadi solusinya. Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini sebagai referensi. Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Watu Leter

Meskipun pantai ini tidak seramai pantai lainnya, tetapi telah berlaku tarif tiket masuk saat memasukinya. Tidak mahal, hanya sekitar Rp10.000 saja per orangnya. Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp10.000 per unit motor dan Rp20.000 per unit mobil.

Siapkan biaya lainnya untuk kebutuhan pribadi, seperti penginapan ataupun kulineran di sekitar Pantai Watu Leter. Biaya-biaya tersebut tidak bersifat tetap sehingga bisa saja berubah sesuai keputusan pihak pengelola. Namun, setidaknya itu bisa menjadi acuan untuk menyiapkan dana sebelum liburan.

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja karena beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Datanglah saat cuaca cerah agar panoramanya sedang cantik-cantiknya. Jika Anda ingin berkemah, bisa datang sejak sore hari sebelum momen sunset tiba.

Daya Tarik Pantai Watu Leter

Sobat Djava, berlibur ke pantai memanglah asyik, tetapi tak jarang kita merasakan hawa panas dan sulit berteduh. Namun, berbeda dengan Pantai Watu Leter ini yang memiliki pemandangan asri berupa tanaman dan pepohonan hijau yang bikin adem. Tanaman-tanaman tersebut tumbuh pada batuan karang dan perbukitan yang mengelilingi sepanjang pantai. Wisatawan pun bisa berteduh di bawahnya sehingga tidak merasakan panas dan terik matahari yang bisa membakar kulit.

Pemandangan hijaunya batuan karang besar ini berpadu dengan birunya langit dan warna air laut yang cantik. Warna pasir putihnya pun seolah melengkapi lukisan alam yang indah memanjakan mata. Semilir angin akan hadir membawa kesejukan saat wisatawan tengah bersantai menikmati pesona pantainya.

Pantai Watu Leter atau yang sering kali orang-orang sebut sebagai Pantai Ngleter ini memiliki nuansa yang tenang. Tempat ini juga menjadi tempat hidupnya mangrove. Keberadaan hutan mangrove inilah yang membuat nuansa pantai lebih asri. 

Bersantai, Berenang, Berburu Sunset, hingga Melepas Penyu

Aktivitas ketika berlibur ke pantai pastinya selalu seru, termasuk saat berlibur ke pantai ini. Anda bisa berenang di tepian pantai dengan lebih aman karena ombaknya relatif tenang. Warna airnya begitu jernih sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan leluasa. Tak jarang biota laut seperti kerang, cacing laut, hingga ikan terlihat begitu jelas.

Sobat Djava juga tentu bisa bersantai atau berpiknik sembari memandangi indahnya pantai ini. Bersantailah hingga senja tiba dan panorama indahnya sunset bisa Anda saksikan sepuasnya. Berkunjung ke pantai tanpa berburu sunset dan berswafoto memang seperti ada yang kurang, ya, Sobat Djava. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera terbaik saat berlibur ke Pantai Watu Leter.

Selain itu, pantai ini juga biasanya menjadi tempat untuk berkemah, tetapi siapkanlah perlengkapannya sendiri, ya. Keunikan lainnya dari pantai ini adalah bahwa pantai ini menjadi habitat dari banyak penyu yang lucu. Saat musim telur, penyu-penyu ini akan menggali pasir pantai dan pihak penangkaran penyu akan mengambilnya. Setelah menetas, penyu-penyu kecil akan kembali dilepaskan ke pantai dan wisatawan bisa berkesempatan melakukannya, lho!

Alamat Lengkap

Pantai Watu Leter berlokasi cukup jauh dari pusat kota Malang, bisa menghabiskan wakt7 perjalanan hingga 2 jam. Alamatnya adalah Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya