spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

Obyek Wisata Situ Wangi Kawali Ciamis Kini Lebih Menarik Dikunjungi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemprov Jabar telah selesai melakukan penataan obyek wisata Situ Wangi Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kini penampilannya jauh berbeda dari sebelumnya dan menarik untuk dikunjungi.

Pada tahun 2021 lalu, Pemprov Jabar melakukan pencanangan penataan area danau tersebut dengan Anggaran Rp 15 miliar. Tujuannya, agar Situ Wangi ini menjadi sebuah wisata menarik bagi wilayah Priangan Timur.

- Advertisement -

Kini obyek wisata Situ Wangi Kawali Ciamis ini memiliki banyak fasilitas. Seperti joglo untuk tempat bersantai. Ada anjungan untuk tempat foto. Bagi yang mau olahraga, joging tracknya pun cukup panjang dan nyaman sambil mengelilingi danau.

Ada tempat untuk kulinernya dan mini galeri untuk menampilkan sejumlah potensi Ciamis. Paling penting ada sebuah menara untuk selfie dan amfiteater untuk pertunjukan.

Suasana situ pun masih tetap hijau dan asri karena sekelilingnya banyak pohon rindang. Panoramanya pun membuat mata semakin betah, terlebih dengan hiasan bunga teratai pada beberapa titik danau tersebut.

Sekdis Pariwisata Ciamis Budi Kurnia mengatakan penataan Situ Wangi menjadi berkah bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Meski asetnya milik BKSDA Jabar, namun manfaatnya untuk masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Kalau dulu terlihat hanya Danau biasa saja, tapi sekarang sangat nyaman sebagai sebuah wisata yang bisa menjadi ikon baru Kabupaten Ciamis,” katanya.

Meski sudah selesai, namun untuk pihaknya belum mengetahui perihal pengelolaannya. Belum ada proses kesepakatan antara Provinsi Jabar dengan Pemkab Ciamis.

“Apakah menyerahkannya ke Pemkab Ciamis, atau kerja sama, atau oleh pihak ketiga. Itu belum ada tindak lanjut karena baru selesai,” ucapnya.

Menurut Budi, penataan obyek wisata Situ Wangi Kawali Ciamis ini sebuah keuntungan besar. Mengingat saat ini potensi Ciamis yang menjadi ikon baru Situ Lengkong Panjalu saja.

“Masyarakat sekitar bisa lebih berdaya dalam meningkatkan perekonomian. Mudah-mudahan semua bisa merawat dan menjaga obyek wisata ini,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pesan Bupati Ciamis untuk PGRI: Ciptakan Generasi Emas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta PGRI sebagai organisasi yang menaungi para guru untuk bisa ciptakan generasi emas, pandai dan cerdas. Hal...

Jurus DPRKPLH Ciamis Bidik Penghargaan Adipura Kencana

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis siap menyambut penilaian penghargaan Adipura Kencana. Bahkan sudah...

Aturan Nama di Dokumen Kependudukan, Ini Penjelasan Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mendagri Tito Karnavian menandatangani Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama di Dokumen Kependudukan, 21 April lalu. Dalam aturan ini...

Seribu Senyum Nusantara Bersama Komunitas SAN

Berita Ciamis (djavatoday.com),- Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) sukses mengadakan program kerja Seribu Senyum Nusantara di Yayasan Al-Masturiyah, Desa Panyingkiran, Kabupaten Ciamis. Selaras dengan namanya,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya