Senin, Juni 17, 2024

Lembah Pasir Sumbul, Bumi Perkemahan Berlatar Hutan Pinus

Lembah Pasir Sumbul merupakan sebuah bumi perkemahan kekinian yang memiliki daya tarik berupa hutan pinus yang eksotis. Bumi perkemahan yang terbilang baru ini masih berada dalam kawasan Puncak dan termasuk area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Namun, secara administratif bumi perkemahan yang sekaligus sebagai objek wisata alam ini termasuk wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kabupaten yang terkenal sebagai penghasil beras yang berkualitas karena tanahnya yang subur dengan kenampakkan alam yang indah.

Bumi perkemahan ini tak pernah sepi pengunjung, terutama saat akhir pekan atau libur panjang. Lokasinya yang strategis membuat pengunjung yang berasal dari luar kota seperti Bogor, Jakarta, hingga Bekasi pun berbondong-bondong ingin berkemah di sana. Keindahan alam dengan hutan pinus yang berbeda dari hutan pinus yang lainnya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Apakah Sobat Djava tertarik untuk bermalam di bumi perkemahan Lembah Pasir Sumbul? Simak terlebih dahulu informasi di bawah ini sebagai referensi sebelum berkunjung, ya!

Baca juga: Bukit Citamiang Camping Ground: Fasilitas hingga Lokasi

Pesona Hutan Pinus Lembah Pasir Sumbul

Hutan pinus tak jarang selalu menjadi spot berkemah yang banyak wisatawan gemari. Potretnya yang eksotis dengan suasana yang damai menjadi salah satu alasannya. Namun tak seperti hutan pinus lainnya yang memiliki daratan berupa tanah, hutan pinus di sini sedikit unik. Bagaimana tidak, pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi ini ternyata berada di atas padang rumput hijau yang memanjakan mata.

Dengan kontur tanah yang bergelombang, membuat pemandangannya makin terlihat alami dan asri. Rapatnya pohon pinus juga membuat area Lembah Pasir Sumbul menjadi teduh, bersantai di bawah pohon pun akan terasa lebih nyaman. Begitupun jika Sobat Djava bersama teman atau keluarga ingin melakukan piknik, tak perlu takut tersengat sinar matahari yang terik. Udara khas pegunungan yang sejuk pun akan makin membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Potret alamnya akan lebih indah saat momen matahari terbit dan matahari terbenam tiba. Cahaya jingga dari sang surya yang lembut mewarnai cakrawala akan menyusup ke sela-sela pepohonan. Membuat suasana lebih hangat dan pemandangan sekitar bumi perkemahan menjadi lebih memesona. Terutama pemandangan yang menyuguhkan rangkaian puncak pegunungan yang menghijau sejauh mata memandang.

Camping Ground dan Spot Foto

Lembah Pasir Sumbul merupakan bumi perkemahan yang baru, tetapi eksistensinya tak dapat kita ragukan lagi. Pengunjung dari berbagai daerah sering kali memadati area ini dengan tenda-tenda yang berdiri di antara pohon-pohon pinusnya. Areanya yang cukup luas membuat banyak tenda bisa muat di sana dengan berbagai aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan. Mulai dari menyalakan api unggun, masak-masak, bernyanyi, hingga mengadakan gathering dan permainan seru lainnya.

Memiliki potret alam yang indah membuat tempat ini kerap menjadi tujuan para pecinta fotografi. Hutan pinusnya yang eksotis dengan rumput hijau di bawahnya selalu menjadi background foto yang instagramable, apalagi saat sunset dan sunrise. Berfoto dengan berlatarkan pegunungan juga menjadi ide bagus untuk menciptakan potret yang instagenik.

Terdapat beberapa spot foto seperti kendaraan jadul dan antik yang berada di Lembah Pasir Sumbul. Biasanya spot foto ini menjadi favorit pengunjung, bahkan tak jarang menjadi incaran untuk foto prewedding. Keindahan alam bumi perkemahan ini memang patut diabadikan dalam momen kebahagiaan menjelang pernikahan.

Fasilitas dan Jam Operasional

Tempat ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Mulai dari area parkir, toilet, musala, warung makan, WiFi, dan lainnya. Anda bisa berkunjung ke bumi perkemahan ini mulai pukul 07.00-17.00 WIB sebagai kunjungan wisata. Sementara untuk fasilitas perkemahan akan tetap buka selama 24 jam setiap harinya.

HTM dan Lokasi Lembah Pasir Sumbul

Melansir travelspromo.com, terdapat biaya tiket masuk yang harus pengunjung siapkan untuk bisa berlibur dan menginap di Lembah Pasir Sumbul. Untuk kunjungan wisata, HTM-nya yakni Rp15.000 per orang saat weekday dan Rp18.000 saat weekend. Sementara itu, bagi Anda yang ingin sekaligus berkemah di sana bisa membayar Rp35.000 per orang termasuk dengan tiket masuk.

Jika ingin melakukan sesi prewedding, siapkan biaya sebesar Rp500.000 per hari, sedangkan untuk photoshoot biasa hanya Rp350.000 per hari. Kemudian untuk foto brand atau iklan biayanya Rp500.000 per hari. Harga tiket masuk ini bisa saja berubah sesuai kebijakan pihak pengelola, hubungi 082130539385 atau Instagram @lembah_pasir_sumbul untuk informasi lebih lanjut.

Tertarik berkunjung ke Lembah Pasir Sumbul? Yuk, kunjungi langsung lokasinya di Jalan Raya Puncak Kp Pangabetah, RT.01/RW.01, Ciloto, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Setelah sampai di area parkir, Anda harus berjalan kaki untuk menuju lokasi bumi perkemahan. Jaraknya cukup dekat, hanya sekitar 200 meter melewati pemukiman penduduk dan pematang sawah. (Ris/Djavatoday)

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya