spot_img
Jumat, Januari 21, 2022
spot_img

Gunung Kapur Klapanunggal Bogor, Wisata Eksotis dan Low Budget

Gunung Kapur Klapanunggal Bogor merupakan sebuah tempat yang dulunya sempat jadi area pertambangan ilegal. Setelah beberapa tahun terkeruk, pertambangan tersebut akhirnya pemerintah menghentikannya. Namun, siapa sangka bahwa jejak tambang tersebut memiliki pesona yang eksotis. Penampakan bentang alamnya mampu menarik perhatian hingga mulai banyak wisatawan yang berdatangan.

Gunung Kapur atau biasa juga disebut Bukit Kapur ini begitu megah dengan warna eksotis meski memang terkesan gersang. View nya cocok bagi para fotografer atau pemburu foto yang instagramable. Selain pesona bentang alamnya, wisata ini juga menawarkan harga masuk yang low budget, alias gratis. Anda hanya perlu membayar uang parkir saja, asyik bukan?

Daya Tarik Gunung Kapur Klapanunggal Bogor

Setelah penghentian eksploitasi ilegal, Gunung Kapur Bogor mulai menarik perhatian masyarakat. Landscape yang menawan dengan tebing dan bukit megahnya dengan danau hijau sekelilingnya. Nuansa gersangnya sekilas memberi kesan seperti di Afrika, lupa pada kawasan Bogor yang terkenal hijau. Perhutani setempat berniat melakukan penghijauan sedikit demi sedikit, hingga pesonanya bak Ngarai Sianok di Bukittinggi.

Spot Menarik di Gunung Kapur Klapanunggal Bogor

Tak hanya bukit yang menjulang dan eksotis, di sini Anda akan menemukan banyak spot wisata lain yang seru untuk dijajal. Pertama, ada Goa Lalay atau Goa Kelelawar yang terbentuk secara alami dan menjadi pintu keluar air dari dalam bukit. Di depan goa terdapat sebuah bendungan yang biasa menjadi spot foto, ada juga dermaga dan instalasi kreatif. Jika pengunjung menyusuri jalan ke atas gunung kapur maka Curug Pemalu akan terlihat.

Dinamakan Curug Pemalu karena tempatnya yang agak tersembunyi. Meski airnya masih memiliki kandungan kapur, kesejukan alami masih terasa dan pengunjung masih diperbolehkan bermain atau berendam. Lihat ke sekeliling Gunung Kapur Klapanunggal Bogor maka Anda akan menemukan Batu Jempol yang menjadi spot foto unik. Bentuk batunya yang besar memang mirip lho dengan tangan yang mengacungkan jempol. 

Bergeser sedikit dari Batu Jempol, Anda masih bisa menemukan spot eksotis lain, yakni Gua Tugugula. Tebing yang juga merupakan terowongan dengan panjang 20 meter ini menyuguhkan struktur batu kapur yang jelas nan eksotis. Tempat ini juga sering dijadikan panjat tebing dan memang dikelola oleh komunitas pecinta lingkungan. Gua Tugugula atau biasa disebut Tebing Arpam merupakan satu-satunya spot yang tak terjamah penambang ilegal. 

Spot Foto Gunung Kapur Klapanunggal

Terdapat banyak spot foto di Gunung Kapur Klapanunggal yang mungkin tak kamu temukan di wisata lain. Seperti gagahnya tening bukit yang tinggi dengan tampilan yang eksotis. Anda juga bisa berfoto di Batu Jempol, goa, curug, atas bukit, atau di spot melingkar dengan latar gunung kapur. Para pecinta fotografi harus coba berkunjung karena viewnya tak mengecewakan.

Fasilitas Gunung Kapur Klapanunggal

Wisata ini baru terbentuk dan masih terus ada pengembangan. Namun, beberapa fasilitas sudah bisa Anda temukan. Seperti area parkir, mushola, toilet, warung, dan gazebo di beberapa titik. Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

HTM dan Lokasi

Untuk bisa mengakses objek wisata Gunung Kapur Klapanunggal, Anda tak perlu membayar tiket masuk. Anda hanya akan membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 per kendaraan. Sangat low budget, bukan? Lokasinya ada di Klapanunggal, Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16710.

Sebaiknya Anda berkunjung menggunakan motor, tetapi jangan motor matic karena akses jalannya masih bergelombang. Jangan datang saat musim hujan karena akses jalan akan berlumpur dan pemandangannya kurang eksotis. Akses jalan ke Gunung Kapur Klapanunggal Bogor memang tak mudah. Namun, semua itu akan terbayar dengan pesona Gunung Kapur yang eksotis. (Rismawati/Djavatoday)

Artikel Terkait
- Advertisment -spot_imgspot_img

Populer