Sabtu, Juli 13, 2024

Curug Tebela Banyumas: HTM, Fasilitas, hingga Alamat

Curug Tebela Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memukau. Bagaimana tidak, wisatawan yang datang akan termanjakan dengan panorama dua air terjun sekaligus dalam satu tempat. Kedua alirannya akan bertemu dalam sebuah kolam alami yang berwarna kehijauan dengan air yang jernih. Daya tarik lain dari air terjun ini adalah adanya tebing berbatu dengan bentuk batuan seperti balok yang tersusun rapi.

Objek wisata ini telah ada sejak beberapa tahun lalu, tetapi tidak sepopuler air terjun Banyumas lainnya. Hal ini karena akses jalan menuju lokasinya masih membutuhkan perjuangan dan minim fasilitas. Meskipun begitu, para pecinta alam tetap sering kali datang untuk melihat langsung pesona curugnya. Tempat ini juga kerap menjadi destinasi wisata bagi mereka yang ingin healing tanpa ramai orang.

Jika Sobat Djava tertarik untuk berkunjung ke air terjun ini, simaklah terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar Curug Tebela Banyumas yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Curug Tebela Banyumas 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak objek wisata di daerah Jawa Tengah dan Timur memiliki tarif tiket masuk yang murah meriah. Seperti halnya objek wisata air terjun ini yang hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp7.000 per orang. Bahkan jika tidak ada yang berjaga, kamu bisa masuk tanpa harus membayar alias gratis.

Jika kamu menitipkan kendaraan ke warga setempat, jangan lupa untuk membayar parkir seikhlasnya atau pada harga yang mereka tetapkan. Biasanya hanya berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 saja untuk mobil dan motor. Tarif tiket Curug Tebela Banyumas ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah sewaktu-waktu. 

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini belum terkelola dengan baik oleh warga dan pemerintahan setempat sehingga belum memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk parkir kendaraan, kamu bisa menitipkannya di area wisata Damar Payung atau menitipkan ke warga setempat. Begitu pula dengan fasilitas lain seperti warung, toilet, musala, kamu bisa menggunakan fasilitas umum di pemukiman setempat. Agar lebih nyaman, sebaiknya kamu menyiapkan perbekalan secara mandiri, ya!

Untuk jam operasionalnya, Curug Tebela Banyumas tidak memberikan informasi resmi. Namun, kamu dapat berkunjung sedari pagi hingga sore dalam kondisi cuaca yang cerah. Hindari berkunjung saat musim hujan karena khawatir akan terjadi air bah secara tiba-tiba.

Alamat Lengkap

Untuk menuju ke air terjun ini, kamu harus mengarahkan kendaraan ke kawasan wisata populer Baturraden. Alamat lengkapnya adalah  Jl. Karang Salam, Karangsalam, Baturraden, Genting, Kotayasa, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151. Lokasinya memang berada di antara perbatasan Kotayasa dan Karangsalam sehingga kamu bisa melalui dua akses tersebut.

Agar jalan yang kamu lalui tidak begitu ekstrem, sebaiknya kamu mengakses Curug Tebela Banyumas via Karangsalam. Ketika menemukan sekolah dasar, belok kanan dan ikuti jalan coran hingga ujung. Nanti akan ada warga setempat yang berjaga sekaligus menjaga kendaraan.

Dari situ, kamu akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri sawah. Kemudian akan memasuki area hutan dengan jalan menanjak dan tentunya tidak mulus. Gunakan alas kaki antislip karena kamu akan melewati aliran sungai dan menaiki tangga bambu. Sekitar 15 menit berjalan, kamu akan tiba di air terjunnya yang indah.

Daya Tarik Curug Tebela Banyumas

Mengunjungi tempat tersembunyi yang memiliki panorama alam memesona dengan nuansa yang tenang akan menjadi healing yang menarik. Kamu bisa melakukannya di curug yang memiliki dua aliran air terjun sekaligus dengan kolam cantik berwarna kehijauan ini. Aliran di sebelah kiri memiliki ketinggian sekitar 30 meter, sedangkan di sisi lainnya hanya setengahnya. Aliran deras dari curug ini begitu eksotis dengan warna air seputih kapas yang kontras dengan warna tebing berbatunya.

Tebing berbatu tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri karena seperti terbuat dari susunan balok batu yang begitu rapi. Tak heran jika curug ini bernama Curug Tebela Banyumas, di mana “tebela” sendiri berarti peti mati yang menggambarkan batuan balok tersebut. Wisatawan bisa ciblon alias berenang di kolamnya untuk merasakan kesegaran yang asri. Jangan lupa untuk melakukan photo hunting dan bersantai sembari minum kopi! (Rismawati/Djavatoday)

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...

Seru dan Menyenangkan! Ini Dia Rekomendasi Taman Bermain yang Cocok untuk si Kecil

Rekomendasi taman bermain kini menjadi destinasi liburan yang bisa Moms kunjungi bersama anak-anak. Selain seru dan menyenangkan, taman bermain ini juga mengutamakan keamanan dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya