Senin, Juni 24, 2024

Curug Salosin Wisata Ciamis yang Tidak Boleh dilewatkan

Hallo good people. Curug Salosin wisata Ciamis yang tidak boleh dilewatkan untuk para traveler. Curug ini unik karena memiliki 12 air terjun dari satu mata air yang sama. Sehingga sayang sekali jika tidak datang berkunjung.

Meskipun dalam masa pandemi tubuh harus merasakan suasana alam. Agar pikiran tidak stress dan tetap sehat. Dengan menikmati suasana segar yang asri dari alam.

Curug Salosin Wisata Ciamis yang Unik?

Kebanyakan dari curug hanya memiliki satu air terjun dari sumber mata air. Beda dengan Curug Salosin Wisata Ciamis ini, disini kalian dapat menemukan 12 air terjun. Air terjun yang bersusun dengan mata air yang sama.

Curug Salosin terletak di Desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis. Tepatnya berada di Dusun Palasari. Dapat ditempuh sekitar 3km antara Desa Sukahurip dan Dusun Palasari.

Curug Salosin, dalam bahasa Indonesia Salosin berarti selusin yang artinya 12 buah. Karena memiliki 12 air terjun. Namun 12 air terjun tidak bisa dilihat bersamaan. Mengapa demikian?

Karena air terjun disini bersusun. Sehingga jika kalian ingin sampai melihat air terjun ke 12. Maka harus melewati 11 air terjun terlebih dahulu. Jarak antara 1 curug dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada yang dekat namun ada pula yang jauh.

Namun tidak usah khawatir karena sekelilingnya diselimuti oleh rindangnya pepohonan. Sehingga akan terasa nyaman ketika menjelajahi setiap curugnya.

Curug Salosin ini merupakan bagian dari gunung Sawal. Tepatnya berada di kaki, gunung Sawal. Sehingga pemandangan disini akan sangat indah. Serta cocok untuk hunting foto.

Tapi hanya sedikit orang yang bisa sampai di curug 12. Karena perjalanan dari curug 1 ke berikutnya akan semakin menanjak dan melelahkan tentunya. Namun itu akan terobati oleh pemandangan yang akan didapatkan.

Tapi tidak heran jika Curug Salosin Wisata Ciamis ini jarang yang sampai di curug ke 12. Bahkan warga disekitar curug pun ada yang belum pernah sampai di sana. Perjalanan antara curug ke curug biasanya memakan sekitar setengah jam sampai satu jam. Itu pun akan sangat tergantung dengan jarak yang ditempuh antara curug 1 dan lainnya.

Baca juga : Curug Panganten Ciamis, Surga Tersembunyi untuk Para Petualang

Pengelolaan Curug Salosin

Sayang sekali, curug unik yang satu ini belum dikelola dengan baik. Padahal jika dikelola oleh pemerintah akan menjadi wisata yang potensial di Kabupaten Ciamis.

Dulu jalan menuju curug ini dapat dibilang sulit. Karena belum ada akses jalan. Namun karena inisiatif warga pun akhirnya membuka jalan agar memudahkan wisatawan.

Namun wisata Ciamis ini belum banyak dikunjungi karena pengelolaannya yang kurang. Dapat dikatakan belum dikelola secara maksimal.

Nah itu penjelasan mengenai Curug Salosin Wisata Ciamis yang wajib kalian kunjungi. Terutama para traveler yang mencari tantangan. Namun dalam masa pandemi harus tetap terapkan protokol kesehatan.

Pas/CN/Djavatoday

5 Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Bikin Badan Jadi Rileks

Pemandian air panas kian diminati oleh para wisatawan. Tempat yang menjadi sasaran untuk refreshing ini tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki...

Awi Langit Campsite Ciwidey, Bisa Camping Tepi Curug!

Awi Langit Campsite Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang lokasinya tepat berada di tengah hutan yang rimbun. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam menggunakan tenda...

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya